PBS Harus Berkontribusi dalam Pembangunan Pendidikan

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 02 Oktober 2020 06:47, Dibaca 56 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menilai, kehadiran Perusahaan Besar Swasta (PBS) di suatu wilayah, tidak hanya terpaku pada peningkatan perekonomian dan taraf hidup masyarakat. Namun juga harus berkontribusi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang pendidikan.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kalteng, yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), meliputi pendidikan, kesehatan, dan kepariwisataan, Duwel Rawing, pengembangan SDM melalui sektor pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang sangat berdampak pada sektor lain seperti perekonomian. Oleh karena itu, Komisi III DPRD Kalteng mendorong agar seluruh PBS yang beroperasi di wilayah Bumi Tambun Bungai, dapat berkontribusi dan memberikan perhatian dalam sektor pendidikan bagi masyarakat lokal, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

(Baca Juga : Upaya Pencegahan Karhutla Harus Ditingkatkan)

“Kita mendorong agar PBS melalui program CSR bisa berkontribusi dalam pengembangan SDM di bidang pendidikan. Karena yang namanya pengembangan infrastruktur dan peningkatan perekonomian harus diimbangi dengan SDM yang memadai,” kata Duwel, saat dibincangi di Gedung Dewan, Kamis (1/10/2020).

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga mengungkapkan fakta saat ini, kehadiran dan perhatian PBS di Bumi Tambun Bungai lebih condong ke arah peningkatan perekonomian dan infrastruktur, hanya segelintir PBS yang berperan serta dalam bidang pendidikan dan pengembangan SDM. Oleh karena itu, Duwel ke depannya berharap, akan ada lebih banyak PBS di Kalteng, yang berperan serta dalam mengembangkan SDM melalui sektor pendidikan bagi masyarakat Desa di seputaran wilayah operasionalnya.

“Memang ada sejumlah perusahaan yang turut memberikan perhatian di bidang pendidikan tetapi tidak semua, mengingat bahwa perhatian PBS lebih tertuju pada peningkatan infrastruktur dan perekonomian saja. Oleh karena itu, kita harapkan ke depannya akan ada lebih banyak PBS yang turut berperan serta dalam memberikan perhatian ke sektor pendidikan melalui program CSR,” pungkas mantan Bupati Katingan dua periode ini. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook