Jamin Hak Pilih WBP, KPU Kabupaten Barsel Mulai Data Pemilih di Rutan Buntok

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 29 September 2020 14:23, Dibaca 57 kali.


MMCKalteng - Barito Selatan - Staf Fungsional Program KPU, Wahyu Adiwijaya bersama Anggota KPU Kabupaten Barito Selatan, Depi mengunjungi Rutan Kelas IIB Buntok dalam rangka koordinasi terkait tindak lanjut surat KPU RI No : 818/PL.01.1-SD/KPU/IX/2020 tentang perlindungan hak pilih bagi pemilih di Lapas atau Rutan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2020. Kedatangan jajaran dari KPU Kabupaten Barito Selatan disambut baik oleh Kepala Sub Seksi Pengelolaan, Saiful didampingi Pengelola Barang Milik Negara, Yosafat, Selasa (29/9/2020).


Depi menjelaskan pendataan ini dilakukan sebagai persiapan dan upaya untuk menjamin penyaluran hak pilih bagi pemilih yang ada di Rutan Buntok. Sebab warga binaan di lapas dan rutan memiliki hak yang sama untuk memilih pada pemilihan umum. “Data ini akan kami verifikasi dan akan kami koordinasikan kembali jika ada kekurangan pada data WBP yang belum lengkap,” kata Depi.

(Baca Juga : Terus Kembangkan Perkebunan, WBP Lapas Sukamara Tanam Kacang Panjang)

Direncanakan pelaksanaan pemungutan suara di Rutan Buntok akan dilaksanakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Sehingga WBP dapat menyalurkan aspirasi mereka tanpa kesulitan dan aman karena WBP tetap berada di dalam rutan dengan pengawasan petugas.


“Kami berterima kasih atas kesediaan KPU Barsel untuk berkoordinasi langsung ke Rutan Buntok. Sinergisitas KPU dan Rutan selama ini terjalin dengan baik, pihak KPU juga hadir memberikan sosialisasi kepada warga binaan. Kami siap membantu dalam pelaksanaan pemilu terutama dalam pendataan WBP kami,” tutup Saiful. (Red-dok, Humas Kalteng, September 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook