Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu OMS dan Media Massa

Kontribusi dari Diskominfo Katingan, 09 September 2020 16:00, Dibaca 54 kali.


MMCKalteng – Katingan – Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu OMS dan Media Massa Bawaslu Kabupaten Katingan Tahun 2020, Rabu (9/9/2020). Bertempat di Café Nowela Kasongan, dihadiri oleh Organisasi Masyarakat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan juga Media Massa. Acara dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Katingan Yosafat E Kawung.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Narasumber dari Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Katingan Lusen yang menjabat sebagai Sekretaris Diskominfo dan juga dari PWI Kabupaten Katingan. Dalam paparannya disampaikan bahwa Diskominfo merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Kominfo, dimana salah satu tugasnya adalah mengawasi konten yang berkaitan dengan Pemilu di Media Sosial. Pemilu bukanlah milik satu lembaga, sekelompok orang maupun perorangan, tetapi Pemilu adalah milik kita, dari kita oleh kita dan untuk kita. Oleh karena itu, mari kita bekerja sama untuk mensukseskan Pemilu ini dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui media elektronik maupun media cetak.

(Baca Juga : Calon Pengantin Wajib Urus Keterangan Sehat Sebelum Menikah)

Menjawab salah satu pertanyaan peserta bagaimana membedakan sebuah berita itu hoax atau sesuai fakta,  yang pertama adalah perhatikan akun pembuat berita, apakah jelas data dirinya atau hanya berupa gambar dengan profile tidak jelas. Selanjutnya perhatikan isi berita, apabila berita atau informasi yang  disampaikan menimbulkan kebencian dan kemarahan bagi si pembaca, maka dipastikan itu berita tersebut hoax. Selain itu berita hoax juga biasanya meminta untuk diviralkan dan disebarluaskan dengan tujuan menimbulkan kecemasan, keresahan, kebencian dan perpecahan. Masyarakat diharapkan bijak dalam menyaring dan mensharing berita yang didapat, agar jangan sampai bermasalah dengan hukum terkait Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Disampaikan juga agar pesta demokrasi ini jangan sampai menimbulkan cluster baru bagi penyebaran Covid-19. Mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak merupakan syarat mutlak yang wajib dilaksanakan oleh seluruh masyarakat peserta Pemilu. (Amah/Kominfo)

Diskominfo Katingan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook