DPKH Sosialisasikan TPPR dan IUP

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 07 September 2018 21:47, Dibaca 502 kali.


MMC Kalteng - Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dan untuk mendorong pelaksanaan perizinan, sekaligus memfasilitasi penguatan asosiasi peternak ayam potong dan asosiasi peternak ayam petelur sebagai wadah peternak di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kobar menggelar sosialisasi Tanda Pendaftaran Peternakan Rakyat (TPPR) dan Izin Usaha Peternakan (IUP) di Aula Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Selasa (4/9).

Saat memberikan sambutannya kepada para peserta, Kepala DPKH Ida Pandanwangi mengatakan bahwa peningkatan jumlah penduduk, pendidikan dan kesadaran akan pentingnya kesehatan khususnya dengan mengkonsumsi protein hewani, mendorong permintaan terhadap produk hasil peternakan baik daging, telur dan susu semakin meningkat. Disisi lain, semakin terbukanya wilayah Kobar bagi daerah kabupaten sekitar tentu saja menjadikan potensi pengembangan produksi pangan termasuk peternakan menjadi semakin besar.

(Baca Juga : Penutupan MTQ Menjadi Moment Kebanggaan Kafilah Kecamatan Kurun)

“Peluang ini mesti dimanfaatkan para peternak, meskipun usaha ternak ayam potong ini selain perlu modal besar dan penguasaan teknologi, juga sangat besar resiko kegagalannya. Untuk itu para peternakan diharapkan dapat bersama-sama mengatasi setiap permasalahannya,” ujarnya.

Karenanya, DPKH berkomitmen hadir ditengah-tengah peternak dan masyarakat untuk memberikan pelayanan perizinan maupun pendampingan teknis. Dengan memiliki TPPR, peternak memiliki legalitas dan diberikan  pendampingan teknis secara intensif, selain itu TPPR menjadi  syarat bagi peternak untuk dapat melaksanakan kemitraan usaha peternakan sebagaimana diatur dalam Permentan No. 13/permentan/PK.240/5/2017 tentang Kemitraan Usaha Peternakan.

Sosialisasi ini melibatkan peternak ayam potong, peternak ayam petelur, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan pengurus asosiasi peternak dari Desa Pasir Panjang, Batu Belaman, Kubu, Pangkalan Satu serta Desa Natai Raya sebagai peserta. Dengan pembicara, Kabid Pasca Panen SDM dan Kelembagaan Rubiansyah dan Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Bambang Sigit Purnomo. (Humas Diskominfo Kobar)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook