Warga Binaan Rutan Palangka Raya Kibarkan Bendera

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 17 Agustus 2020 16:59, Dibaca 77 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Palangka Raya melaksanakan kegiatan Upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Dalam Rutan Palangka Raya. Rangkaian acara dalam kegiatan tersebut yaitu pengibaran bendera merah putih dan pembacaan keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang pemberian Remisi Umum dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, serta pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Seluruh Peserta Upacara tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan tetap menggunakan masker dan tetap menjaga jarak, serta tidak berjabat tangan, Senin (17/8/2020).


Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Akhmad Zaenal Fikri yang diwakili oleh Kepala Satuan Pengamanan Rutan Palangka Raya, Erikjon Sitohang menjadi Inspektur Upacara, Pengarah Upacara oleh Kepala Sub Seksi Pengelolaan, Ahmad Yandi, Pembacaan Teks Proklamasi  Kemerdekaan oleh Kepala Sub Seksi Bimbingan Kegiatan Rutan Palangka Raya, Agustinus Siagian, dan Pembacaan Petikan Putusan Pemberian Remisi oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Meldy Putera, sementara Komandan Upacara oleh Staf Sub Seksi Pelayanan Tahan, Gilang.

(Baca Juga : Upacara Remisi Serentak, Yasonna : Didiklah Para WBP Dengan Program Kemandirian Agar Menjadi Mandiri dan Berguna Bagi Nusa dan Bangsa)


Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Bp. Yasonna Laoly dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya mengingatkan seluruh pegawai di kemenkumham untuk turut menyesuaikan pola kerja dengan perubahan situasi dan berkontribusi mempererat semangat persatuan di dalam masyarakat. Khususnya ketika pandemi Covid-19 tengah mewabah. Di sisi lain, pada momen hari kemerdekaan, ada 88 (delapan puluh delapan) WBP yang mendapatkan remisi (pengurangan masa tahanan). Mereka terdiri atas 12 (dua belas) orang kategori remisi pertama dan 76 (tujuh puluh enam) remisi selanjutnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan, pegawai Rutan Palangka Raya bersama dengan Warga Binaan Pemasyarakatan bersama-sama menyiapkan dan melaksanakan kegiatan tersebut. Hal ini dapat terlihat dari pelaksanaan kegiatan dimana pengibar benderanya adalah Warga Binaan, demikian pula halnya untuk pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Pembacaan Catur Dharma Narapidana dibacakan oleh Warga Binaan Rutan Palangka Raya. Kepala Rutan Palangka Raya berharap melalui kegiatan ini menjadi momentum untuk mensyukuri rahmat Tuhan yang senantiasa menyertai keluarga Besar Rutan Palangka Raya tetap sehat dan aman. Selain itu melalui kegiatan ini Kepala Rutan Palangka Raya mengajak semua pegawai Rutan dan seluruh warga binaan yang ada di Rutan Palangka Raya selalu mempererat semangat persatuan sebagai modal untuk  mewujudkan Indonesia Maju, sehingga dalam setiap aktivitas mampu menunjukkan kinerja yang baik, yang diharapkan membawa dampak yang positif bagi lingkungan sekitar Rutan Palangka Raya. Dirgahayu Republik Indonesia. (Red-dok, Humas Kalteng, Agustus 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook