Lapas Pangkalan Bun Dinyatakan Bebas Narkoba Oleh Tim Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 28 September 2018 09:58, Dibaca 679 kali.


MMCKalteng – Dalam rangka menciptakan Lapas di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah bebas narkoba, kembali Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah melaksanakan razia rutin keseluruh blok napi dan tahanan serta pengambilan tes urine kepada  WBP a dan  petugas  Lapas Kelas II B Pangkalan Bun, ucap Arief Gunawan Ketua Tim Satgas Kamtib, Rabu (26/09).

Dikatakannya, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Divisi Pemasyarakatan yang dikemas menjadi satu paket kegiatan yakni penggeledahan dan pengambilan sampel urine. Hal ini tidak lain untuk menjadikan Lapas/Rutan yang ada di provinsi Kalimantan Tengah benar-benar bebas narkoba.

(Baca Juga : Lapas Muara Teweh Ikuti Kegiatan Doa dan Dzikir Bersama Melalui Video Conference)

Selain itu pula kita ingin menciptakan suasana Lapas tetap tenang, tertib dan juga aman, sehingga lingkungan yang sudah tercipta seperti sekarang ini tetap bisa dipertahankan dengan baik apalagi sekarang sudah mendekati masa-masa politik, tegas mantan Kalapas Pangkalan Bun ini.

Sementara Kepala Lapas Kelas II B Pangkalan Bun Kusnan dalam keterangannya mengatakan bahwa penggeledahan/razia rutin dilaksanakan pada malam hari dimana para warga sedang beristirahat. Dengan pendekatan personal yang bagus dari para petugas maka pelaksanaan penggeledahan bisa dilaksanakan dengan lancar tanpa ada hambatan satu apapun.

Dari hasil penggeledahan yang dilakukan para petugas yang tergabung dalam tim Satgas Kamtib tidak menemukan satu pun barang terlarang seperti Narkoba maupun Sajam, akan tetapi para petugas juga tealh berhasil menyita barang-barang yang dianggap bisa membahayakan petugas maupun warga binaan sendiri seperti cermin kaca, korek api, tali dan lain sebagainya.

Sedangkan pada siang harinya seluruh warga binaan tanpa terkecuali dilakukan pengambilan sampel urine guna mengetahui apakah ada warga kita yang memakai/mengkonsumsi narkoba. Alhasil dari pemeriksaan yang dilakukan  kepada 205 WBP Narkoba serta 79 Petugas Lapas semuanya dinyatakan negatif narkoba.

Tentu saja ini merupakan kebanggaan bagi Kalapas, karena apa yang selama ini menjadi kekhawatirannya tidak terbukti. Berarti menurutnya kegiatan pembinaan-pembinaan yang mereka lakukan ternyata telah dijalankan dengan baik oleh para petugas dan juga WBP.

Dikatakannya bahwa sistem pembinaan dengan cara pendekatan emosional baik yang dilakukan secara personal maupun kelompok ternyata cukup berhasil. Dan ini menjadi jurus jitu petugas Lapas Pangkalan Bun untuk mengambil hati para WBP agar kembali menjadi orang yang baik dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnya.

Harapannya, semoga keadaan seperti ini bisa dipertahankan dengan baik dan kepada para petugas maupun WBP Lapas agar tetap istiqomah dan tidak main-main dengan narkoba ataupun sejenisnya.

Kembali Arief Gunawan Ketua Tim Satgas Kamtib Kanwil menambahkan bahwa selain kegiatan penggeledahan rutin dan juga pengembilan sampel urine WBP dan petugas, pihaknya juga telah melakukan peltihan kepada para petugas Lapas dan juga seluruh CPNS Lapas terkait pelaksanaan tusi, pemantapan kinerja yang PASTI serta pemberian motivasi terkait integritas petugas, ucap Arief Gunawan kepada Humas Kantor Wilayah.  (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Sept 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook