Komisi C Tinjau Anjungan Kalteng di TMII

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 20 Juli 2018 07:31, Dibaca 9 kali.


PALANGKA RAYA-Dalam upaya pelaksanaan pengawasan, budgeting, dan legislasi, jajaran DPRD provinsi menggelar kunjungan ke luar daerah.

Kali ini Komisi C menggelar peninjauan secara langsung ke anjungan Kalteng yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (19/7).

(Baca Juga : Dewan Laporkan Hasil Reses Per Dapil)

Koordinator tim Reza Fahrony yang diikuti oleh jajaran dewan lainnya bertemu dengan pihak dari anjungan Kalteng. Para legislator yang ikut serta seperti Duwel Rawing, Suwarno, Marni, Hj Titik Prihati Mulyani, H Achmad Amur, Ellisae Lambung, Yovie Afrilidae, dan Ina Prayawati.

Ada juga Sekretaris Disbudpar Kalteng, Bihokda bersama jajaran lainnya. Selain meninjau beberapa ruangan dan item yang ada, pihaknya juga menggelar pertemuan bersama dengan para aparatur di anjungan tersebut.

Menurut Wakil Ketua Komisi C Reza Fahrony, pihaknya memang pernah beberapa kali melaksanakan kunjungan ke sarana tersebut. “Kita memahami bahwa anjungan ini merupakan pintu gerbang dari Kalteng, di mata masyarakat dari seluruh Indonesia. Ini menandakan betapa pentingnya kita mesti meningkatkan dan memelihara sarana ini,” ujarnya di sela-sela kegiatan tersebut.

Pihaknya mengakui memang anjungan itu jelas memerlukan pembenahan.

Ditambahkannya beberapa waktu lalu, memang ada usulan yang masuk pada APBD 2018 dari Disbudpar. Sayangnya tidak berhasil direalisasikan karena adanya keinginan Pemprov yang menginginkan masterplan yang maksimal. Bahkan ada keinginan untuk penataan dan perbaikan secara keseluruhan.

Kendati begitu, ucapnya, Komisi C selaku mitra kerja terus memantau kondisi di lapangan. Seperti keadaan anjungan itu masih berfungsi dengan baik, dan bejalan seperti harapan. “Memang kalau ada permintaan rehab, berarti ada yang mesti diperbaiki,” ucap wakil rakyat dari Dapil IV, yang meliputi Barsel, Barut, Bartim, dan Murung Raya itu.

Apalagi, pihaknya ke depan akan segera membahas APBD Perubahan, dalam upaya memaksimalkan pembangunan.

Selain itu, Reza juga mengharapkan agar anjungan itu, memiliki akses data berbasis digital modern. Melalui sarana itu para pengunjung yang datang bisa menerima informasi yang lengkap terkait Kalteng.

Dirinya mencontohkan misalnya saja sistem komputerisasi yang bisa diakses hanya dengan penggunaan touch screen. Tentunya yang menyediakan segala macam informasi wisata, kebudayaan dan lainnya terkait wilayah tersebut.

Selain itu dirinya juga mengapresiasi adanya usulan, terkait sarana transportasi berupa kendaraan dinas.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook