Punding: Persiapkan Peluang Kerja bagi Tenaga Lokal

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 20 April 2018 07:44, Dibaca 2,409 kali.


DPRD Kalteng - PALANGKA RAYA – Pemerintah daerah, harus mempersiapkan peluang kerja. Sasarannya adalah tenaga lokal yang memiliki keahlian khusus. Hingga saat ini, tenaga kerja dengan skill tertentu, selalu didatangkan dari luar daerah.

“Kesempatan akan lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja lokal, belum mampu menjawab keinginan masyarakat,” ujar Anggota DPRD Provinsi Kalteng Punding LH Bangkan, belum lama ini.

(Baca Juga : Rumah Ibadah Penting Pembinaan Umat )

Kebanyakan, perusahaan menggunakan orang luar. Dicontohkannya, seperti pada Perusahaan Besar Swasta (PBS). Tentunya yang bergerak dibidang pertambangan dan perkebunan,  dirinya berharap, Pemda bisa memberikan suatu program khusus. Tenaga lokal sebelum dipekerjakan, dibekali dulu dengan berbagai keahlian. Kondisi ini harus menjadi perhatian bersama. Jangan sampai, masyarakat asli, yang punya kemampuan malah terpinggirkan.

Untuk itu, Pemda melalui Disnakertrans harus melakukan berbagai upaya. Tujuannya, agar tenaga kerja lokal di Kalteng dapat diberikan pelatihan yang berkualitas. Dengan begitu, mereka bisa bekerja dengan maksimal. Perusahaan jelas akan mempertimbangkan untuk bisa menempati posisi yang diinginkan.

Pihaknya juga berharap, tenaga kerja lokal dididik. Nantinya, bisa dan siap ditempatkan dimana saja. Keinginan pihaknya, ketersediaan lapangan kerja di Kalteng, harus mencukupi. 70 persen, ujarnya, dipeuntukkan bagi putra daerah. “Ini juga mengurangi adanya permasalahan pengangguran di wilayah kita,” ujar Sekretaris Komisi B tersebut.

Banyak langkah lain yang bisa dilakukan, seperti melalui ekstrakuliklr pendidikan. Dijelaskannya, pada tingkatan SMA, siswa bisa didukung dengan keahlian. Agar kedepannya, lulusan itu bisa bekerja, dengan skill yang sudah dipelajari. Walaupun tidak lanjut ke perguruan tinggi, namun bisa diterima oleh lapangan pekerjaan.

Solusi lainnya, Pemda bisa membuat sebuah kebijakan. Yaitu dengan membuat kurikulum tambahan. Nantinya bisa diselipkan berbagai bidang, dan metode untuk meningkatkan kemampuan. Tentunya diberbagai sektor.

“Yang pasti, kita harapkan masyarakat kita, jangan terabaikan  dan jangan hanya menjadi penonton,” ucapnya. Hal tersebut juga disuarakan Anggota Komisi B Edy Rosada.

Dirinya berharap agar perusahaan sendiri, wajib memberikan kontribusi yang positif bagi daerah. “Tujuannya agar roda perekonomian, bisa berjalan cepat,” ujarnya.

Menurutnya, PBS harus memberikan manfaat bagi pembangunan. Seperti meningkatkan nilai tambah. Tidak hanya semata-mata bekerja. Tanpa melihat situasi di wilayah yang ada.

Manfaatnya, seperti memberikan lapangan pekerjaan. Melalui itu, tenaga kerja bisa terserap dengan baik. Untuk itu, harus ada kebijakan, dari perusahaan dengan memprioritaskan orang lokal. Penyerapan tersebut, juga membantu pemerintah daerah. Secara otomatis, angka pengangguran berkurang. Lapangan  kerja juga akan tersedia.

Manfaat lainnya adalah bidang ekonomi. Aktivitas di sektor itu, berjalan dengan cepat, baik bagi masyarakat serta ekonomi makro. Perusahaan memberikan dampak yang positif. Secara keseluruhan akan mengalami, pertumbuhan yang cukup cepat. Menurutnya, tingkat perekonomian yang baik memberikan tujuan yang optimal.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook