Kebakaran Lahan di Sungai Tatas, Tim Gabungan Berhasil Padamkam Api

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 18 Juli 2018 13:34, Dibaca 406 kali.


MMC Kalteng - Tim Terpadu Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan melakukan pemadaman kebakaran pada Senin (16/7) di Sungai Tatas, Kelurahan Baru. Penanganan karlahut dilakukan oleh 40 personil yang merupakan gabungan dari BPBD Kobar, Kodim 1014 Pangkalan Bun, Polres Kobar dan Manggala Agni serta dibantu masyarakat sekitar.

“Masyarakat di posko kesiapan kerlahut Kelurahan Baru menyampaikan telah terjadi kebakaran lahan di sekitar Kelurahan Baru, dan pada pukul 10.00 WIB posko pusat menurunkan personil pemadaman kebakaran. Indikasi penyebab terjadinya kebakaran adalah pembukaan lahan oleh msyarakat,” hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Fahrul Laji.

(Baca Juga : Kepala Rumah Tahanan Kapuas Berganti)

“Api membara pada beberapa titik, tim dibagi menjadi beberapa regu menangani firespot tersebut. Api berhasil dipadamkan pukul 16.00 WIB, dan luasan lahan akibat terbakar 5 Ha,” lanjut Fahrul Laji.

Fahrul Laji pun menyampaikan agar masyarakat mewaspadai kondisi cuaca dan lingkungan, “Dikarenakan awal musim kemarau sudah mulai berlangsung, maka masyarakat diminta untuk mewaspadai hal-hal terkait kondisi lingkungan. Walaupun masih ada hujan sebagian. Berdasarkan hasil prakiraan BMKG dan kesepakatan rapat, status siaga kebakaran hutan dan lahan sudah mulai diberlakukan sejak awal Juli lalu.”

Pemadaman kali ini berlangsung efektif, dengan koordinasi yang baik antar berbagai pihak. (Humas Diskominfo Kobar/BPBD)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook