Ikuti Rakornas, Satgas Saber Pungli Kobar Siap Wujudkan Kobar Bebas Pungli

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 18 Desember 2020 20:58, Dibaca 221 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Kotawaringin Barat (Satgas Saber Pungli Kobar) mengikuti Rapat koordinasi Nasional Satgas Saber Pungli secara virtual di Ruang Bag Ops Polres Kobar Jumat (18/12/2020). Pelaksanaan Rakernas Satgas Saber Pungli diselenggarakan di Hotel Golden Boutique Jakpus yang diikuti 190 Peserta, 53 UPT, 24 UPP dan 7 LSM serta diikuti secara virtual oleh seluruh satgas saber pungli se-Indonesia. Kegiatan Vicon Rapat Kerja Nasional 2020 Satgas Saber Pungli mengambil tema Membangun Pola pikir dan Budaya Kerja Menuju Wilayah Kota Bebas dari Pungli di Era Pandemi Covid-19.

Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Pol Agung Makbul dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakornas sebagai sarana analisa dan evaluasi kerja Satgas Saber Pungli. “Rakernas Satgas Saber Pungli dilaksanakan sebagai sarana analisa dan evaluasi kerja Satgas Saber Pungli. Yang terbaik akan diberikan peghargaan,” ujarnya saat menyampaikan laporan.

(Baca Juga : Diskominfo Kabupaten Kapuas Ikuti BAKOHUMAS dan SAIK)

Ketua Satgas Saber Pungli Komjen Agung Budi Maryoto dalam Rakornas mengarahkan bahwa tugas dari Satgas Saber Pungli adalah pemberantasan pungli pada pelayanan publik dengan menguatkan upaya pencegahan daripada penindakan.

“Saat ini kita membangun sistem pencegahan pungli dengan memanfaatkan teknologi informasi dan berdayakan Satgas Saber Pungli di daerah untuk berperan aktif dalam pemberantasan pungli dan harus selalu berinovasi untuk memutus mata rantai pungli,” kata Komjen Agung.

“Kita terus mengingatkan kepada masyarakat dan pelayan publik tentang perbuatan tercela tentang Pungli, bahaya pungli akan dirasakan langsung bagi masyarakat, menghambat perekonomian dan merusak tatanan masyarakat. Kita bersama-sama akan mewujudkan kota tanpa pungli,” tambahnya.

Menkopolhukam Prof. DR. Mahfud MD dalam arahannya menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah menetapkan 5 Program Prioritas yaitu Pembangunan SDM, Pembangunan Infrastuktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi, Penyederhanaan Transformasi Ekonomi. Untuk mendukung hal tersebut Satgas Saber Pungli bergerak untuk memberantas Korupsi tetapi pada level yang ringan dalam artian pada pelayanan publik di kantor-kantor pemerintahan dari pusat hingga daerah yaitu pada kasus-kasus kecil.

“Satgas harus lebih kreatif lagi karena dengan fasilitas teknologi informasi sedikit berkurang peluang untuk korupsi tetapi semangat untuk korupsi masih ada. Satgas Saber pungli ini harus tetap ada walaupun secara penindakan tidak Pro justitia. Saya ucapkan selamat atas penghargaan kepada Satgas Saber pungli dan tetap bersemangat dalam melaksanakan bertugas,” pesan Mahfud MD.

Adapun Satgas Saber Pungli Kobar yang hadir dalam kegiatan vicon tersebut antara lain Kabag Ops Polres Kobar, Kasat Reskrim Polres Kobar, Kasat Bimas Polres Kobar, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Pangkalan Bun, Irban Wilayah IV, Kasubag Evlap Inspektorat, Kasiwas Polres Kobar, Kanit Tipidkor Sat Reskrim Res Kobar, dan Ps Kaurmintu Sat intelkam Res Kobar. (itkab kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook