Berbagi Kasih, Kanwil Kemenkumham Kalteng Buka Bersama Dengan Anak-Anak Panti Asuhan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 05 Juni 2018 21:56, Dibaca 620 kali.


Palangka Raya- Sudah sepatutnya bagi kita insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT berbagi kepada setiap sesama. Kaena sebagai ciptaan-Nya kita sebagai insan yang sosial tidak dapat hidup dengan sendirinya tanpa peduli kepada sesama.

Hal inilah yang dilakukan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang melaksanakan acara buka puasa bersama di Musholla At-Taqwa Kantor Wilayah dengan menghadirkan anak-anak panti asuhan Ayah Bunda Palangka Raya, Selasa (05/06).

(Baca Juga : Divisi Pelayanan Hukum Dan HAM Kanwil Kemenkumham Kalteng Lakukan Rapat Pembahasan Naskah Akademik Kabupaten Gunung Mas)

Dalam sambutannya, Yoseph Kepala Kantor Wilayah mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah puasa merupakan suatu hubungan yanng sakral baik yang sifatnya vertikal yakni kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga horizontal yakni kepada sesama umat manusia. Oleh karena itu momentum dari puasa adalah berbagi kepada sesama, karena dengan demikian kita bisa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Puasa juga tidak luput dari kegiatan tadarusan Al-Qur’an dan juga sholat Tarawih berjama’ah. Oleh karena itu pada kesempatan yang mulia ini Kakanwil menyarankan agar seluruh pegawai Kantor Wilayah melaksanakan hal yang demikian karena untuk menuju manusia yang lebih baik adalah mendekatkan diri kepada sang pencipta. Gunakan 9 (sembilan) hari tersisa di bulan ramadan ini untuk lebih giat beribadah sebelum nantinya menyongsong hari kemenangan di bulan syawal yakni hari raya Idul Fitri.

Usai menyampaikan sambutannya, Kakanwil didampingi para Pejabat Tinggi Pratama menyerahkan bantuan berupa uang kepada panti asuhan yang diterima langsung oleh pengurus panti asuhan Ayah Bunda Palangka Raya.

Sementara dalam tausiyahnya Ustad H. Ahmad Zauhari menyampaikan bahwa Allah menciptakan seluruh mahluknya tentu mempunyai mamfaat dalam kehidupan manusia baik itu yang sifatnya besar maupun yang kecil. Hal ini tentu kita sebagai mahluk ciptaan-Nya haruslah selalu pandai bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita semua.

Jadikan hidup kita seperti filosofi sebatang kayu singkong yang mempunyai makna luar biasa besarnya karena tidak mengeluh, tidak pantang putus asa, tidak memble dan tidak bergantung dengan belas kasih orang lain akan tetapi bisa menghasilkan karya yang lebih dan mempunyai manfaat bagi semua seperti mulai dari daunnya, batangnya hingga ke umbinya. Alangkah mulianya apabila kita bisa meniru filosofi dari sebatang kayu singkong tersebut, ucap ustad Zauhari.

Berbicaa tentang sholat, makna sholat sebenarnya bukan ketika orang tersebut rajin melaksanakan sholat, akan tetapi makna tersebut ketika orang keluar dari tempat ibadah dan benar-benar menjalankan isi dari perintah sholat tersebut dalam kehidupan sehari-hari baik itu sifatnya dilingkungan kantor maupun dilingkungan sosial bermasyarakat. Diakhir tausiyahnya Ustad mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir agar menjadikan ramadan yang tersisa menjadi ladang amal bagi kita semua.

Selain dihadiri oleh anak-anak panti asuhan Ayah Bunda Palangka Raya, acara buka puasa besama di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah ini juga dihadiri oleh Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Se-Kota Palangka Raya dan keluarga pegawai Kantor Wilayah. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Juni. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook