Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-56 Melalui Video Conference Kanwil Kemenkumham Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 27 April 2020 14:00, Dibaca 254 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-56 yang diikuti oleh seluruh Jajaran Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah pada Senin (27/4/2020).

Berbeda dengan Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan tahun sebelumnya, pada tahun 2020 ini di tengah pandemi wabah Covid-19 pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakataan ke-56 dipusatkan di Direktorat Jendral Pemasyarakatan.

(Baca Juga : Ditengah Pandemi Covid-19, Lapas Muara Teweh Berikan Layanan Ini di Hari Raya Idul Fitri)

Kepala Kantor Wilayah Ilham Djaya yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Hanibal, Kepala Divisi Keimigrasian Igantius Purwanto dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Cahyani Suryandari, Pejabat Struktural Divisi Pemasyarakatan, serta Jabatan Fungsional Tertentu Pembimbing Kemasyarakatan dan JFU Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah yang mengikuti Upacara melalu media teleconference ini. Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-56 ini tetap berlangsung tanpa kehilangan maknanya.

Sekilas tentang Pemasyarakatan, sejak 27 April 1964 Pemasyarakatan dibakukan sebagai pengganti konsep kepenjaraan dalam sebuah Konferensi Jawatan Kepenjaraan. Hari Bhakti Pemasyarakatan kali ini kita sedang diliputi keprihatinan yang mendalam. Perhatian dunia global terdistraksi oleh bagaimana cara menghadapi pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) yang berdampak besar pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Situasi ini tentunya juga dirasakan oleh Pemerintah Indonesia yang telah menetapkan situasi ini sebagai bencana nasional non alam.

Di tengah Pandemi Covid-19, Lapas/Rutan turut berkontribusi memproduksi APD, Hand sanitizer dan masker untuk dibagikan kepada para tenaga medis dan masyarakat. Tidak hanya itu, hasil dari adanya program ketahanan pangan narapidana juga dibagikan kepada masayarakat sebagai bukti partisipasi aktif dan ungkapan rasa kepedulian untuk berbagi kepada masyarakat yang saat ini tengah mengalami kesulitan. Ini adalah bukti Resolusi Pemasyarakatan 2020.

Di akhir upacara yang berlangsung secara teleconference, Kepala Kantor Wilayah juga mengucapkan Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan kepada seluruh peserta upacara dan mengajak seluruh jajaran untuk segera bergerak melakukan pembenahan. “Momentum ini kita manfaatkan untuk melakukan perubahan dan melatarbelakangi pembenahan secara massive dan total,” ucap Ilham Djaya. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook