Si Cantik, Contact Center Pelayanan Statistik

Kontribusi dari Alfina Fasriani, 22 Mei 2018 20:09, Dibaca 1,349 kali.


BPS Provinsi Kalimantan Tengah telah memperkenalkan Si Cantik kepada masyarakat. Si Cantik adalah contact center pelayanan statistik berupa nomor Whatsapp. Si Cantik diluncurkan untuk memudahkan masyarakat menghubungi BPS terkait pelayanan statistik. Pelayanan statistik tersebut adalah permintaan data, konsultasi statistik, dan pembelian data mikro.

Sebenarnya data statistik sudah tersedia di website BPS. Namun terkadang masyarakat masih kebingungan mencari data tersebut. Si Cantik akan membantu konsumen untuk memperoleh data yang diperlukan.

(Baca Juga : Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Hadiri Kegiatan Pemantapan SDM Penyuluh Sosial Lapangan)

Si Cantik juga melayani konsultasi data. Si Cantik akan membantu konsumen bagaimana mengintepretasi indikator statistik. Selain itu, Si Cantik dapat memberikan penjelasan mengenai metodologi survei yang diadakan BPS.

Pelayanan BPS yang jarang diketahui masyarakat luas adalah pembelian datamikro (microdata). Datamikro merupakan data rinci hasil dari sensus/survei/kompilasi yang telah dilakukan proses konfidensialisasi (menghilangkan identitas responden). Datamikro berbeda dengan data agregat (data hasil tabulasi). Per 18 Mei 2018, telah tersedia 315 dataset  yang dapat diakes di microdata.bps.go.id

Datamikro membantu peneliti untuk memperoleh analisa lebih dalam. Datamikro juga membantu peneliti yang memiliki sumberdaya terbatas. Pemanfaatan datamikro relatif lebih murah daripada melakukan survei sendiri.

Masyarakat yang memerlukan pelayanan statistik di atas dapat menghubungi Si Cantik di 0811 521 6200 pada jam kerja.

Si Cantik juga dilengkapi dengan sistem layanan pengaduan dan lacak status layanan yang akan di-launching sehabis Hari Raya Idul Fitri tahun 2018.

Alfina Fasriani

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook