Lomba Jukung Hias Menampilkan Kearifan Lokal Tentang Keindahan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Rikah Mustika, 05 Mei 2018 21:37, Dibaca 947 kali.


MMCKalteng – Lomba jukung hias merupakan lomba yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat, sebab jukung hias menampilkan kearifan lokal tentang keindahan yang ada di kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah. Tidak hanya masyarakat setempat yang antusias menyaksikan lomba, tetapi juga wisatawan asing. Lomba jukung hias dilaksanakan di Pelabuhan Danau Mare, Kabupaten Kapuas, Sabtu (5/5).

Drs. Offeny Ibrahim, M.Si selaku juri menuturkan “Lomba jukung hias ini merupakan ajang untuk menampilkan kearifan lokal kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Tengah. Warna yang berkaitan dengan lomba ini yaitu warna putih (kesucian, kemurnian, kejujuran), hitam (misteri yang sulit diungkapkan/magic), kuning (kemakmuran dan kejayaan), merah (keberanian), dan hijau (kesuburan)”

(Baca Juga : Lomba Lagu Daerah Sebagai Ajang Pengenalan Budaya Kalteng)

Beliau juga mengatakan seni rupa terdiri dari warna asli (alam, tumbuh-tumbuhan, dan binatang), perpaduan, dan juga pengembangan. Harapannya masing-masing kabupaten/kota bisa lebih meningkatkan kreatifitas mereka. Ringkasnya, perlombaan ini merupakan nilai-nilai keindahan dari masing-masing kabupaten/kota, menggali potensi peserta, serta mengembangkan sinopsis yang menceritakan sejarah dari perahu mereka. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook