Agustiah Said Ismail Hadiri Pembukaan Lomba Panginan Sukup Simpan

Kontribusi dari Rikah Mustika, 05 Mei 2018 12:34, Dibaca 770 kali.


MMCKalteng - Dalam rangka memperingati hari jadi Kalimantan Tengah ke-61, diselenggaralan lomba masakan tradisional Kalimantan Tengah yaitu lomba masak tumpeng dayak atau disebut Panginan Sukup Simpan. Lomba digelar di City Mall Kabupaten Kapuas, Sabtu (5/5). Peserta lomba terdiri dari 11 kabupaten dan 1 kota yaitu Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Lamanadau, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Sukamara, dan Kota Palangka Raya. Acara dibuka oleh Ibu Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Agustiah Ningsih Said Ismail dengan memotong tumpeng Panginan Sukup Simpan.

Tujuan diadakan lomba ini adalah untuk menggali potensi dan kreativitas peserta sekaligus memasyarakatkan dan mempromosikan masakan tradisional dan kudapan tradisional khas Kalimantan Tengah sehingga menjadi masakan unggulan di tingkat nasional dan internasional. Tema lomba masak tahun ini yaitu keberagaman makanan tradisional khas Kalteng sebagai salah satu potensi wisata.

(Baca Juga : Antusiasme Warga Kapuas Saksikan Lomba Tari Daerah Pedalaman)

Kriteria penilaian lomba ini yaitu dari segi penampilan (kelengkapan menu, bentuk, kebersihan), rasa (bumbu, kerenyahan, aroma, kematangan), dan kekhasan (kreatifitas, tekstur). Juri diketuai oleh Linda Nahson Tawai dan beranggotakan Dhini Anden, M.Kes dan Kusdini Laela Sari. Di akhir pembukaan lomba, diadakan parade fashion show benang bintik khas Kalimatan Tengah oleh perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook