Pembukaan Festival Budaya Isen Mulang dan Karnaval Budaya Kalimantan Tengah Tahun 2018

Kontribusi dari Rikah Mustika, 02 Mei 2018 14:50, Dibaca 1,146 kali.


MMCKalteng – Dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-61, diadakan Festival Budaya Isen Mulang dan Karnaval Budaya di Jalan Patih Rumbih, depan Rumah Jabatan Wakil Bupati Kapuas, Rabu (2/5) siang. Nampak hadir juga Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, S.Hut, MP, anggota DPR RI dan DPD RI, perwakilan DPRD, pejabat eselon I Kementerian Pariwisata, Kementerian Koordinator Kemaritiman RI, serta Kementerian Desa RI. Gubernur Kalimantan Tengah secara resmi membuka Pawai Festival Budaya Isen Mulang, yang pesertanya terdiri dari seluruh SOPD Provinsi, perguruang tinggi, SLTA/SMK, penguyuban/sanggar, lembaga-lembaga adat, serta organisasi kepemudaan yang ada di Kalimantan Tengah.

Karnval Budaya bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas karya seni pertunjukkan dalam bentuk karnaval bercirikan budaya Kalimantan Tengah. Menciptakan daya kreatif masyarakat diseluruh daerah Kalimantan Tengah untuk mewujudkan karya seni budaya yang berdaya saing untuk kepentingan peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Selain itu event Karnaval Budaya menjadi Daya Tarik Wisata di Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Pemenang Cabang Lomba Karungut Kategori Putra Dan Putri FBIM Tahun 2018)

Acara pembukaan dimeriahkan dengan tarian yang dipersembahkan oleh putra putri daerah Kabupaten Kapuas yaitu tarian “Kalteng Berkah” yang dilanjutkan dengan pelepasan burung dara dan balon oleh Gubernur Kalimantan Tengah.

Tema FBIM tahun ini adalah dengan semangat Hari Jadi ke-61 Prov. Kalteng kita tingkatkan persaudaraan dengan falsafah Humah Betang untuk menuju Kalteng Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis). Dan subtemanya yaitu dengan filsafah Humah Betang kita perkokoh persatuan dan kesatuan dalam mensukseskan pilkada serentak tahun 2018 menuju Kalteng Berkah.

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, menyampaikan dalam sambutannya Kalimantan Tengah kaya akan sumber daya alam dan juga budaya. Budaya Kalimantan Tengah perlu digali untuk menjadi komoditi andalan agar penghasilan PAD dan APBD provinsi Kalimantan Tengah bisa meningkat. Oleh sebab itu ke wisata alam yang belum jadi akan diolah dengan cara tidak merusak lingkungan, biaya yang murah, serta pekerja yang luar biasa. Presiden RI Joko Widodo sudah mencanangkan 10 Bali baru, harapannya Kalimantan Tengah juga bisa menjadi 11 Bali baru. Beliau juga berharap Provinsi Kalimantan Tengah bisa bersaing dengan provinsi-provinsi lainnya kedepannya. Pengibaran bendera merupakan awal dari karnaval budaya tahun 2018. (Rikah&Vera / Foto : Asep)  

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook