Asisten Deputi Bidang Kelembagaan Dan Tata Laksana, Polhukam Dan Pemda Menpan RB Tinjau Layanan Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 25 April 2018 17:02, Dibaca 482 kali.


Palangka Raya – Salah satu agenda penting kunjungan kerja Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI ke Kota Cantik Palangka Raya adalah melakukan kunjungan Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya. Karena padatnya kegiatan yang Menpan RB laksanakan di Kepolidsian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah, maka Asisten Deputi (Asdep) Menpan RB Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Polhukam dan Pemda Nanik Murwati yang didampingi oleh Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II-1 Aris Samson mewakili Menpan-RB dalam rangka meninjau sejumlah lokasi pelayanan publik yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya, Rabu (25/04).

Disambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Yoseph, Plh. Kepala Divisi Imigrasi Hajrianor dan Plh. Kepala Kantor imigrasi Agus Herianto, rombongan dari Kemenpan RB tiba tepat pukul 12.30 WIB. Dalam kunjungan tersebut Asdep Menpan RB melakukan pengecekan terhadap pelayanan yang ada seperti tempat pelayanan paspor, fasilitas yang disediakan seperti ruang menyusui hingga fasilitas khusus bagi masyarakat yang mengalami disabilitas (kelainan fisik). Disamping itu pula Asdep melakukan pengecekan kepada alat survei indek kepuasan pelayanan serta standar operasional prosedur (SOP) Pelayanan keimigrasian.

(Baca Juga : TINJAU KANIM SAMPIT, PLT. KAKANWIL HARAPKAN PELAYANAN TERBAIK KEPADA MASYARAKAT TERPENUHI )

Dalam keterangannya, Asdep Menpan-RB Nanik Murwati mengatakan bahwa pelayanan publik yang disediakan Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya dinilainya sudah cukup baik, karena sudah terdapatnya fasilitas-fasilitas baik ruangan maupun sarana layanan publik. Akan tetapi untuk lahan parkir bagi pengguna layanan harus ada penataan ruang yang bagus. Menurutnya harus dipisahkan antara parkir motor dan mobil sehingga akan terlihat rapi.

Sementara Kabid  Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II-1 Aris Samson menyarankan agar ada petugas khusus yang menangani alat Indeks Kepuasan Masyarakat, agar bisa memaparkan tentang kinerja alat survey tersebut agar seluruh pengguna layanan untuk mengisinya. Aris juga menyarankan agar stardar pelayanan Keimigrasian yang ada diperingkas akan tetapi tetap bersandar pada maklumat pelayanan dapat sehingga masyarakat akan lebih mudah dan mengatahuinya baik dari segi persyaratan, harga maupun waktu penyelesaian sehingga bisa mengefektifkan waktu dan mengefisienkan kinerja.   

Menanggapi akan hal itu, Plh. Kakanim Agus Heriyanto akan menyikapi saran yang diberikan menurutnya hal yang diminta akan kita lakukan guna memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada masyarakat pengguna layanan Keimigrasian. Sementara Yoseph, Kakanwil Kemenkumham Kalteng mengucapkan terima kasih atas segala saran dan masukan yang diberikan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya. Menurut Kakanwil dengan adanya masukan tersebut mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita kita bersama yakni mewujudkan Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya menjadi UPT yang menjadi Zona Intergritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) dapat terwujud dengan baik.

Diakhir kunjungannya rombongan dari Kemenpan-RB bersama Kakanwil beserta seluruh Jajaran Kantor imigrasi Kelas I Palangka Raya melakukan foto bersama. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Apr. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook