Momentum Peringatan Isra Mi’raj Rutan Palangka Raya Jadikan Sabar Dan Sholat Sebagai Penolongmu

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 18 April 2018 18:06, Dibaca 1,687 kali.


Palangka Raya- Gerakan Cinta Ibadah sudah menjadi bagian dari kinerja di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. Kali ini, kembali Rutan Kelas II A Palangka Raya melaksanakan kegiatan hari-hari besar keagamaan yakni  Peringatan Isra Mi’Raj Nabi Besar Muhammad SAW, Rabu (18/04). Momentum dari peringatan ini diharapkan kepada seluruh WBP Rutan Palangka Raya agar memiliki sifat sabar terutama dalam menjalani masa pidana serta laksanakan sholat secara berjamaah di mesjid, Insya Allah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa pasti akan ada jalan keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi dan Insya Allah akan menjadi penolong kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari ucap Akhmad Zaenal Fikri Kepala Rutan Palangka Raya.

Begitu juga halnya dengan Walikota Palangka Raya  dalam sambutannya pada peringatan Isra Mi’raj ini yang disampaikan oleh Staf Ahli Supriyanto mengatakan bahwa peringatan Isra Mi’raj sebagai satu kegiatan dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Intisari dari peringatan isra Mi’raj adalah Sholat. Oleh karena itu dengan kita mendirikan sholat maka akan dapat mencegah perbuatan kehi dan munkar, dengan sholat juga kita bisa untuk selalu sabar, disiplin, istiqomah serta dapat menenangkan jiwa agar menjadi tenang serta damai. Sholat juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk menjalin tali silaturrahmi dan bisa menghapuskan rasa angkuh serta sisi gelap yang pernah dilakukan sebelumnya.

(Baca Juga : Rutan Palangka Raya Raih Predikat Terbaik III Kategori Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran)

Kepala Divisi Administrasi Hajrianor yang mewakili Kepala Kantor Wilayah dalam sambutannya menyampaikan 5 poin penting yang bisa kita ambil dari peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW. Yang pertama memiliki sifat istiqomah, yakni senantiasa melaksanakan ibadah secara terus menerus sehingga mendapatkan ridho dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, kita harus pandai berinstropeksi diri, yakni dengan melakukan evaluasi apakah pekerjaan kita semakin hari kian bertambah baik atau malah sebaliknya. Ketiga, Harus selalu Optimis bukan pesimis. Kita diharapkan mampu menatap masa depan bisa lebih baik dan harus kita yakini karena dari setiap masalah pasti akan ada hikmahnya serta jalan keluarnya. Keempat, Harus selalu bersyukur. Ingat apabila kita selalu mensyukuri apa yang telah di anugerahkan oleh Allah SWT kepada kita maka yakinlah jiwa dan bathin kita pasti akan merasa tenang dan yang kelima yaitu berupaya menjadi contoh suritauladan bagi sesama.

Sementara itu, Ustad H. Muhammad Isnaini Subhan dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa Isra Mi’raj merupakan kado khusus dari Allah SWT kepada Nabi Besar Muhammad SAW karena untuk menghibur sang habibullah kekasih Allah atas kepergian orang-orang yang nabi kasihi seperti istri dan paman beliau. Isra Mi’raj juga merupakan tanda kebesaran Allah yang nyata yang mempertemukan langsung junjungan kita Nabi Muhammad kepada Tuhannya dan sebelumnya tidak pernah satu pun orang yang pernah mengalaminya termasuk 24 nabi sebelumnya yang wajib kita imami terang ustad. Berbicara tentang Isra Mi’raj maka pastilah kita secara otomatis bicara tentang masalah sholat. Karena perjalanan Isra Mi’raj merupakan perjalanan spesial Nabi dalam rangka menerima perintah sholat langsung dari Allah SWT. Oleh karena itu kita sebagai umatnya hendaklah selalu bersyukur atas karunia yang Allah berikan kepada kita. Kata ustad, sholat adalah perkara yang wajib bagi kita. Amalan yang pertama nantinya dihisab oleh Allah adalah sholat. Perkara sholat tidak ada tawar menawar serta dengan sholatlah bisa menjamin hidup seseorang di dunia ataupun di akhirat.  

Turut hadir dalam peringatan Peringata Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW Rutan Kelas II A Palangka Raya kali ini Kepala Kementerian Agama Kota Palangka Raya H. Baihaqi, Kepala Dinas Sosial H. A Fauliansyah, Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius Mathius Ayorbaba, Kepala LPP Kelas II A Palangka Raya Dyah Wandansari dan Kepala Rupbasan Kelas I Palangka Raya Mohammad Rizal Fuadi. Pelaksanaan Isra Mir’aj berjalan aman, tertib dan lancar.  (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Apr. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook