Kakanwil Minta Pegawai Kanim Sampit Tingkatkan Disiplin Agar Pelayanan Keimigrasian Bisa Lebih Baik

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 17 April 2018 17:42, Dibaca 2 kali.


Sampit - Minggu kedua setelah resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Kakanwil Yoseph melakukan kunjungan ke beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di Kota Mentaya Sampit. Saat hari kedua dikota Sampit, Kakanwil melakukan kunjungannya ke Kantor Imigrasi Kelas II Sampit dalam rangka meninjau langsung kegiatan pelayanan Keimigrasian  serta memberikan arahan kepada pegawai terkait kinerja serta kaitannya dengan deklarasi janji kinerja tahun 2018, Selasa (17/04).

Dalam peninjauannya, Kakanwil menyempatkan diri berdialog kepada salah satu pengguna layanan Keimigrasian terkait bagaimana pelayanan yang diberikan serta lama kepengurusan termasuk biaya kepengurusan layanan yang harus dikeluarkan. Selain itu pula Kakanwil menyempatkan diri mengunjungi ruang wawancara, ruang foto paspor serta gudang arsip dimana semuanya tertata rapi dan disusun berdasarkan kriteria kearsipan. 

(Baca Juga : Motivasi Petugas Lapas dan Bapas Pangkalan Bun, Plt. Kakanwil Ajak Kolaborasi Guna Mencapai Sinergitas Dalam Tugas)

Selanjutnya setelah berkeliling meninjau lokasi, Kakanwil meminta seluruh pegawai kecuali yang tugasnya di pelayanan untuk dapat hadir berkumpul di ruang rapat karena ada arahan yang akan disampaikannya terkait disiplin pegawai serta implementasi terkai janji kinerja 2018.

Dijelaskan Kakanwil, Disiplin merupakan modal utama untuk meraih sukses, terutama dalam kinerja, karena  dengan disiplin kita bisa tingkatkan pelayanan Keimigrasian untuk menjadi lebih baik sesuai dengan Tata Nilai Kemenkumham yang PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transfaran dan Inovatif).

Begitu pula dengan halnya Janji Kinerja. Menurutnya janji kinerja bukan hanya sekedar diucapkan, melainkan harus segera diimplementasikan dalam perjalanan kita berkinerja sepanjang tahun.

Munculnya tantangan dan hambatan, baik itu besar atau kecil, janganlah menjadi kendala dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien. “Jadikan tantangan dan hambatan peluang untuk berbuat yang terbaik dengan mengerahkan kemampuan dan daya upaya yang dimiliki. Sikap, mental, dan perilaku kita akan menentukan keberhasilan kita dalam mengatasi hambatan dan tantangan yang ada”, Ucap Yoseph di hadapan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sampit Bambang Casmani beserta pegawainya.

Janji kinerja yang telah kita lakukan ini adalah salah satu cara untuk memotivasi pegawai Kaneil Kemenkumham Kalteng agar bergerak secara serentak, berkinerja untuk Kementerian Hukum dan HAM yang lebih berprestasi.

Selain hal tersebut Kakanwil juga berpesan agar seluruh jajarannya Kanwil Kemenkumham Kalteng berkinerja melaksanakan reformasi birokrasi melalui implementasi 8 (Delapan) Area Perubahan secara konsisten. “setahu saya pada tahun 2018 ini Kantor Imigrasi Kelas II Sampit bersama 3UPT di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah telah diajukan WBK/WBBM. “Ini penting, karena WBK/WBBM adalah salah satu bukti bahwa jajaran Kemenkumham berkomitmen untuk berkinerja lebih baik, lebih efektif, dan lebih efisien”.

Di akhir arahannya, Kakanwil mengajak seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Kalteng untuk fokus pada pelaksanaan tugas fungsi dengan memperhatikan output, outcome, dan impact yang dihasilkan melalui anggaran APBN dengan mengedepankan aktivitas yang berdampak langsung kepada rakyat. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Apr. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook