MENTERI PERTANIAN DAN GUBERNUR KALTENG TINJAU LOKASI LAHAN RAWA GAMBUT, DUKUNG PERCEPATAN TANAM PADI SEBAGAI UPAYA PROGRAM KETAHANAN PANGAN NASIONAL

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 16 Mei 2020 11:35, Dibaca 534 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tindaklanjut Vicon Rapat Terbatas Presiden Joko Widodo bersama Eselon I Kementerian yang dihadiri Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran tanggal 05 Mei 2020, perihal penunjukan lokasi optimalisasi lahan rawa seluas 600 ribu hektar di Kalimantan Tengah disambut baik H.Sugianto Sabran. "Kalteng siap melaksanakan amanah Bapak Presiden Joko Widodo. Sentra produksi pertanian Kalimantan Tengah sebagai sumber lumbung pangan daerah terbukti produktif di daerah lahan rawa gambut, diantaranya kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Mekanismenya kami serahkan kepada Pusat dan Kementerian terkait,“ jelas H.Sugianto Sabran.


Kementerian Pertanian melalui Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian melakukan koordinasi tindaklanjut arahan Presiden RI dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Hj.Sunarti beserta jajaran Eselon II yang terkait sektor pangan, beberapa hari sebelum kunjungan Menteri Pertanian yang diagendakan pada tanggal 15 Mei 2020.

(Baca Juga : Dinas TPHP Prov Kalteng Ikuti Vicon Dirjen Tanaman Pangan Sebagai Antisipasi Ketersediaan Subsektor Tanaman Pangan)

Kunjungan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo meninjau lokasi optimalisasi lahan rawa gambut di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau disambut Gubernur Kalimantan Tengah, H.Sugianto Sabran di VIP Room Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Jumat (15/5/2020) siang. Gubernur Kalteng, Menteri Pertanian beserta rombongan tiba di lokasi Desa Belanti Siam sekitar pukul 13.45 WIB menggunakan helikopter dan langsung menuju lokasi Gerak Tanam Padi yang telah dipersiapkan Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau dan Desa Belanti Siam.

Kunjungan hari ini memastikan di Pulang Pisau perintah Bapak Presiden untuk mengkoordinasikan dengan Bapak Gubernur, kesiapan Kalteng untuk menjadi super prioritas program ketahanan pangan nasional melalui optimalisasi lahan rawa di Kalimantan Tengah. Pemanfaatan lahan rawa yang produktivitasnya masih terbatas diharapkan dengan berbagai kemampuan teknologi, mekanisasi dan manajemen pertanian yang lebih baik dipimpin oleh Gubernur dan para Bupatinya akan meningkat. Kementerian Pertanian akan mendorong optimalisasi lahan yang ada. Selain itu, ratusan ribu hektar lahan di Kalimantan Tengah dapat menjadi penyangga pangan nasional melalui upaya penanaman yang intensif. "Oleh karena itu, saya hadir di sini bersama Gubernur Kalteng untuk melihat lahan yang akan diekspansi, diekstensifikasi dan diintensifikasi untuk menjadi lahan yang produktif,“ urai Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian dalam wawancara setelah Gerak Tanam Padi Serentak di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (15/5/2020).

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook