Pembaiatan Dan Penyerahan SK Akhiri Orientasi CPNS Kanwil Kemenkumham Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 09 Februari 2019 17:28, Dibaca 975 kali.


MMCKalteng – Pelaksanaan pengenalan lingkungan kerja atau yang lebih dikenal orientasi CPNS dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah resmi ditutup oleh Kepala Bagian Umum Budi Haryono Jum’at (08/02).

Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya pembaiatan 39 orang  peserta orientasi CPNS oleh para pegawai Senior yang merupakan tradisi baru dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Kalteng dalam rangka menyambut kedatangan pegawai baru.

(Baca Juga : Kunjungan Ketua Dprd Batara Ke Lapas Muara Teweh Diharapkan Membawa Kebaikan)

Sebelumnya para peserta orientasi selama 5 hari sejak tanggal 4 Februari 2019 diberikan pembekalan berupa pendidikan dan pelatihan seperti kegiatan dinamika kelompok, pelatihan baris-berbaris sampai kepada pengenalan tugas dan fungsi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM seperti Bidang Pemasyarakatan, Keimigrasian serta Bidang Hukum dan HAM oleh para Pejabat Kantor Wilayah dan Para Kepala UPT Se-Kota Palangka Raya.

Kemudian pada hari kelima 8 Februari 2019 pelaksanaan orientasi dilaksanakan tradisi baru yakni dengan mengajak seluruh peserta orientasi untuk terjun ke lapangan mengenal lingkungan sekitar Kantor yang mereka cintai agar mensyukuri tugas yang dipercayakan kepada mereka sebagai tunas muda Pengayoman di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Ke 39 peserta orientasi diajak pihak panitia untuk keliling lingkungan Kantor Wilayah menyusuri Jalan Adonis Samad Palangka Raya hingga sampai Bandara Tjilik Riwut kemudian kembali lagi ke Kantor Wilayah.  Tepat didepan Kantor Wilayah mereka diajak nyebur di kolam depan kantor kemudian kembali masuk ke halaman kantor dengan disambut para Pejabat dengan dilaksanakannya pembaiatan dengan disiram air bunga yang sudah disiapkan oleh pihak panitia. Kegiatan pembaiatan ini didahului oleh Kepala Bagian Program dan Pelaporan H. Mahrijuni kemudian oleh Pejabat dan Pegawai senior lainnya. Hal ini sebagai tanda kegembiraan atas bergabungnya 39 peserta CPNS menjadi bagian dari warga Pengayoman Kalimantan Tengah.

Setelah pembaiatan, para peserta dengan keadaan bayah kuyup kembali masuk dengan rapi ke ruang serbaguna untuk menerima SK CPNS yang diserahkan oleh Kepala Bagian Umum. Sebelum penyerahan SK tersebut para peserta diwajibkan mencium bendera Merah Putih dan bendera Pengayoman sebagai rasa syukur dan cinta mereka kepada Tuhan Yang Maha Esa, Negara dan Pemerintah.

Dalam arahannya, Kabag Umum mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta CPNS yang mengikuti kegiatan orientasi dari awal sampai pada penyerahan SK ini tetap semangat dengan kekompakan yang solid sehingga pelaksanaan berjalan baik dan lancar.

Sejak diterimanya SK CPNS tersebut kalian sudah resmi menjadi bagian dari warga Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM. Menurutnya kalian haruslah berbangga karena SK CPNS kalian ditandatangani oleh Bapak Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI yang diwakili oleh Kepala Biro Kepegawaian Pusat mengingat Kanwil Kemenkumham Kalteng waktu itu belum memiliki Kepala Kantor Wilayah yang definitif, ucap Budi.

Harapannya setelah menerima SK CPNS tersebut diharapkan ke 25 orang yang menjadi Penjaga Tahanan di Rutan Buntok agar segera melapor dan menghadap dimana surat pengantar tugas akan kita serahkan ke perwakilan dari kalian, sementara 14 orang yang bertugas di Kantor Wilayah Senin 11 Februari 2019 diharapkan juga masuk kerja bergabung dengan pegawai Kantor Wilayah lainnya.

Berakhirnya kegiatan orientasi CPNS ini seluruh peserta dan juga panitia melakukan foto bersama dihalaman Kantor Wilayah dengan rasa kegembiraan dan kebersamaan yang tercipta selama satu minggu pelaksanaan orientasi (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Feb 2019).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook