Satu Konselor Hebat Bisa Membuat 1000 Orang Hebat

Kontribusi dari Joko Prabowo, 01 November 2017 10:33, Dibaca 628 kali.


MMC Kalteng – Asosiasi Bimbingan dan Konseling (ABKIN) merupakan Organisasi Profesi yang beranggotakan guru bimbingan/konseling (konselor) dengan kualifikasi pendidikan akademik Strata Satu (S-1) dari Program Studi Bimbingan dan Konseling serta Program Pendidikan Konselor (PPK) dituntut menjadi asosiasi yang mampu melindungi anggota konselor yang menerima layanan dan membantu konselor dalam membangun kegiatan layanan profesional. Asosiasi ini menjadi landasan dalam menghadapi keluhan dan permasalahan anggotanya.

Ketua Umum ABKIN Prof.Dr. Mungin Edy W, M.Pd mengungkapkan, “Satu konselor hebat bisa membuat  1000 orang hebat”, yang disambut meriah oleh ratusan peserta Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling yang bertajuk Penguat Peran Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Palangka Raya.

(Baca Juga : 12 Penghafal Juz `Amma Terima Penghargaan)

 “Tugas mulia ABKIN adalah memberdayakan dan memuliakan peserta didik melalui pelayanan yang mulia dan altruistik mengingat peserta didik itu individu yang sedang berkembang sehingga peserta didik menjadi orang bermartabat mulia dan efektif dalam kehidupan sehari-hari, artinya melahirkan pribadi yang jujur, disiplin, menghargai orang lain, berkehidupan sosial baik, mau belajar, dan karir bagus”, tegas Prof. Mungin Edy W, dalam seminar yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, di Palangka Raya.

Prof. Mungin Edy menegaskan anggota dan konselor ABKIN merupakan pembina peserta didik yang tidak boleh mengkonsumsi narkoba dan tidak terlibat dalam aliran radikalisme sehingga menjadi manusia bernilai Pancasila.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib H. Said Ismail ketika membuka seminar tersebut meminta para guru pembimbing atau konselor dapat membina dan membangun karakter peserta didiknya. “Selain sebagai guru, konselor juga diharapkan dapat mengajar, mendidik dan membimbing, apa gunanya ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa karakter dan sopan santun yang dapat diterima masyarakat,” tegas Said Ismail.

Wagub mengajak kepada seluruh peserta seminar dan masyarakat untuk bersama-sama memerangi peredaran narkoba karena benda ini sangat berbahaya bagi masa depan generasi muda. Selain itu para konselor ABKIN diharapkan membangun karakter anak-anak didik Kalteng agar menjadi insan yang tidak hanya cerdas tapi juga memberikan manfaat serta mencintai dan dicintai lingkungannya.

Melalui kegiatan ini bisa menghasilkan hal-hal positif dan sangat bermanfaat dalam membangun masyarakat Kalteng pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya dalam rangka mewujudkan cita-cita  bersama menuju KALTENG BERKAH. (Joko Biro PKP - Foto : Eka)

Joko Prabowo

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook