UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Kota Palangka Raya Lakukan Penendatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020, Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 dan Pencanangan Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 11 Februari 2020 08:32, Dibaca 479 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Kota Palangka Raya melaksanakan penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020, Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palangka Raya, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II A Palangka Raya, Rumah Tahanan Negara Kelas II A Palangka Raya, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (RUPBASAN) Kelas I Palangka Raya, Balai Pemasyarakatan Kelas I Palangka Raya, dan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya, Selasa (11/2/2020).

Kagiatan yang dilaksanakan di aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palangka Raya dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Hanibal, Kepala Divisi Keimigrasian Ignatius Purwanto, Pejabat Administrator dan Pengawas Divisi Pemasyarkatan dan Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Kalteng serta Kepala Unit Pelaksana Teknis Se-Kota Palangka Raya beserta Pejabat dan Staff.

(Baca Juga : Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-56 dengan Aksi Berbagi)

Pada kesempatan ini hadir sebagai saksi dalam penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020, Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Tengah, Ketua Pengadilan Negeri Palangka Raya, Kepala Kejaksaan Palangka Raya, Kapolres Palangka Raya, Dandim 1016/PLK.

Kegiatan diawali dengan pembacaan deklarasi janji kinerja tahun 2020 yang dibacakan oleh Kepala Lapas Palangka Raya Syarif Hidayat dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kinerja, Fakta Integritas dan Komitmen Bersama Pencanangan WBK/WBBM Tahun 2020 yang dilakukan oleh Kepala Lapas Palangka Raya beserta jajarannya, Kepala LPKA Palangka Raya Mubasirudin beserta jajaran, Kepala Rutan Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri beserta jajaran, Kepala Rupbasan Palangka Raya Rita Ribawati beserta Jajaran, Kepala Bapas Palangka Raya Sulantip beserta jajaran dan Kepala Kantor Imigrasi Palangka Raya Arief Rachman Kunjono beserta jajaran dengan disaksikan oleh Kadiv Pemasyarakatan, Kadiv Imigrasi, Walikota Palangka Raya, Kepala Ombudsman, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Kapolres dan Dandim.

Dalam sambutan Kepala Ombudsman menyampaikan apresiasi Kepada Jajaran Pemasyarakatan dan Imigrasi di kota Palangka Raya yang telah berkomitmen membentengi diri dan bebas dari korupsi. Ombudsman sebagai mitra siap bekerjasama membantu mewujudkan hal tersebut demi peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai amanat Undang-Undang 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI.

Ombudsman berharap bahwa penandatanganan janji kinerja ini tidak hanya sekedar seremonial  dan janji di atas kertas semata namun juga bentuk komitmen yang sungguh-sungguh untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Semoga dengan adanya  Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 dan Komitmen Bersama Pencanangan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ini, sebagai pembuktian bahwa Jajaran Pemasyarakatan dan Imigrasi di kota Palangka Raya bersih dari korupsi.

Pada kesempatan itu juga Walikota Palangka Raya dalam sambutannya menyampaikan pembangunan Zona Integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintah.

"Penandatanganan Fakta Integritas dan piagam pencanangan pembangunan Zona Integritas dan komitmen bersama pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ini merupakan salah satu acuan dan pedoman bagi kita, instansi pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam membangun dan mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM yang lebih baik lagi," ucapnya.

Kemudian Kepala Divisi Pemasyarakatan pada sambutannya menyampaikan apel Deklarasi Janji Kinerja dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM No : M.AH.04.PR.01.03 tentang Janji Kinerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2020 dan berisi 6 poin penting yang dijadikan sebagai instrumen kerja dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM.

Janji Kinerja bertujuan untuk mewujudkan tata nilai budaya kementerian yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transfaran dan Inovatif (PASTI) serta mewujudkan integritas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dan fungsi guna mewujudkan Good Governance.

"Untuk itu saya berharap agar UPT di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah untuk berupaya mewujudkan predikat WBK dan bahkan hingga mendapatkan WBBM. Diharapkan dengan dilaksanakannya deklarasi janji kinerja ini menjadi salah satu cara untuk memotivasi petugas agar dapat saling menjaga secara serentak berjanji untuk diri sendiri agar berkomitmen, melaksanakan kewajiban dengan sungguh-sungguh dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Mari kerja keras, kerja cepat, kerja lebih cepat dan kerja lebih cepat lagi," tutur Kadivpas.

Diakhir sambutan Kadivpas mengajak seluruh Pejabat dan Pegawai yang hadir untuk mengucapkan yel-yel “Kumham Corpu : Pasti Pasti, Pasti. Salam Pembaharuan : Kami PASTI, Kanwil Kemenkumham Kalteng : Pasti Bahalap, Pasti Bahalap”. (Reddok,Humas-Kalteng,Feb’2020)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook