Koperasi Harus Beradaptasi Dengan Zaman

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 29 Desember 2019 21:01, Dibaca 193 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Kemajuan perkembangan zaman dan teknologi saat ini, akan mempengaruhi semua sektor, termasuk pertumbuhan ekonomi.

(Baca Juga : Pemkab Gelar Jumat Bersih)

Karenanya, jika tidak dibarengi dengan kemampuan yang mengikuti perkembangan zaman, maka dikhawatirkan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang tidak maksimal, termasuk dalam hal ini pembangunan ekonomi melalui koperasi.

Bicara koperasi, maka pengurus koperasi harus lebih berinovasi, terutama menghadapi era tekhnologi saat ini,” ungkap Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung, saat dikonfirmasi, Minggu (29/12/2019).

Lanjut Nenie, banyaknya koperasi yang berdiri tidak diikuti dengan perkembangan yang berarti. Terutama dari sisi program yang tak berkembang dengan maksimal.

Lemahnya pelaksanaan program koperasi, lebih dikarenakan kurangnya inovasi yang dilakukan pengurus, sehingga tidak ada terobosan baru yang mampu meningkatkan kinerja koperasi.

Jadi terkesan sekadar membangun koperasi dengan menggunakan program kerja yang sudah tak relevan dengan kondisi saat ini,” tukasnya.

Seharusnya lanjut Nenie, selain kegiatan simpan pinjam, maka koperasi perlu memiliki inovasi agar koperasi dapat bertahan dan lebih maju dengan program-program yang lain yang bisa menyejahterakan dan bermanfaat bagi pengurus dan anggotanya.

Melalui koperasi, masyarakat tidak hanya sekadar memiliki tempat untuk meminjam dana, tetapi memperoleh sesuatu yang dapat digunakan untuk meningkatkan perekonomiannya,” ujar Nenie.

Selebihnya legislator PDI Perjuangan ini mengharapkan, agar koperasi yang tumbuh dan berkembang di Kota Cantik ini, tidak hanya membina ekonomi semata, tetapi juga penting untuk membina sosial lingkungan.

Terutama kemampuan beradapatasi dengan perkembangan zaman dan bersinergi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam segala sektor, perekonomian,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook