PERTANIAN MASUK SEKOLAH (Tani MaS)) TAHUN 2019

Kontribusi dari DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 03 Desember 2019 09:00, Dibaca 1,915 kali.


Pertanian Masuk Sekolah (Tani MaS) adalah kegiatan budidaya pertanian yang dilaksanakan oleh siswa dan guru di lingkungan sekolah di bawah tanggung jawab Dinas Ketahanan Pangan Provinsi bersumber dari dana APBN (Pusat) Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian TA. 2019 . Sasarannya adalah siswa SMA / SMK / MA di 34 Provinsi @ 2 sekolah.

Tujuan dari Pertanian Masuk Sekolah (Tani MaS)) adalah :

(Baca Juga : VICON LAPORAN PANEN PADI DI PULANG PISAU DAN BARITO TIMUR DENGAN MENTERI PERTANIAN RI)

1. Meningkatkan pengetahuan siswa tentang budidaya pertanian.

2. Menumbuhkan semangat siswa menjadi agripreneur.

3. Meningkatkan ketersediaan dan akses pangan.

Kriteria Sekolah Lokasi Pertanian Masuk Sekolah (Tani MaS) :

1. Sekolah berlokasi di Ibukota Provinsi atau Kabupaten terdekat dengan Ibukota Provinsi.

2. Memiliki lahan / kebun sekolah minimal 500 meter persegi.

3. Terdapat sumber air untuk budidaya pertanian.

4. Diutamakan yang memiliki ekstrakurikuler pertanian.

5. Pihak sekolah (guru dan siswa) proaktif dan bersemangat.

6. Mempunyai lahan untuk membangun rumah bibit minimal 15 meter persegi.

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Pertanian Masuk Sekolah (Tani MaS) bekerjasama dengan BPTP Kalimantan Tengah, kegiatan tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 4 Palangka Raya dan SMKN 7 Palangka Raya secara bertahap.

SMA Negeri 4 Palangka Raya sebagai salah satu sekolah yang ada di kota Palangka Raya merupakan sekolah yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 0260/1994 tanggal 5 November 1994 dengan status Sekolah Negeri. Di masa sekarang sekolah SMA tidak hanya mencetak siswa berilmu namun juga mandiri serta dibekali keahlian yang diperoleh di dalam kegiatan ekstrakurikuler pasca lulus dari menimba ilmu. Penyelarasan kurikulum di sekolah dengan dunia luar diharapkan dapat menghasilkan kualitas lulusan yang dapat memenuhi kualifikasi dan persyaratan yang diperlukan dalam jenjang menempuh Strata 1 maupun langsung terjun ke dunia kerja atau dapat melakukan wirausaha secara mandiri.

Kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 18 November 2019 (CPCL dan Koordinasi) dilanjutkan tanggal 27 November 2019 (RAKOR) kemudian tanggal 28 November 2019 (Sosialisasi) dan tanggal 3 Desember 2019 (BIMTEK)di SMAN 4 Palangka Raya yang dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Dra. LILIS SURIANI, MM., MM.RS didampingi Kabid Ketersediaan Pangan ARIANTO, S.Hut., M.Si selaku penanggung jawab beserta TIM Tani MaS Provinsi Kalimantan Tengah.

 

DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook