Dandim Irup Peringatan Kesaktian Pancasila

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 01 Oktober 2019 10:28, Dibaca 1,082 kali.


MMCKalteng - Kapuas - Dalam rangka untuk mengenang terselamatkannya Pancasila dari beberapa ancaman pemberontakan yang mengganggu kedaulatan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kapuas melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Stadion Panunjung Tarung Kota Kuala Kapuas yang dipimpin langsung oleh Dandim 1011/KLK Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P sebagai Inspektur Upacara (irup), pada Selasa (1/10/2019) pagi.

Pelaksanaan upacara diikuti oleh unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Pejabat Eselon dan seluruh jajaran SOPD Kabupaten Kapuas, Aparatur Sipil Negara yang terdiri atas PNS dan tenaga kontrak serta dari siswa-siswi sekolah SMP dan SMA di Kota Kuala Kapuas.

(Baca Juga : Baru Empat Parpol Mengajukan Bantuan Keuangan)


Dalam peringatan tersebut dilaksanakan pembacaan Ikrar dari Ketua DPR RI H Bambang Soesatyo yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas H Masrani.

Adapun bunyi dari Ikrar tersebut adalah sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia mengajak agar semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila Bangsa Indonesia tetap memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.


“Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap H Masrani.

Pada Kesempatan itu Dandim 1011/KLK menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta upacara dan mengharapkan Ideologi Pancasila terus ditanamkan agar Bangsa Indonesia tetap rukun dan damai.

“Melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kita bersama menjaga keutuhan bangsa ini dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila karena Pemersatu kita semua adalah Pancasila walaupun beraneka ragam suku, agama, ras dan golongan semua dipersatukan oleh Pancasila,” ucap Dandim. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook