Serah Terima Jabatan Kakanwil Kemenkumham Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 05 September 2019 18:03, Dibaca 23 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - (05/09/19) Setelah resmi dilantik, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang baru (Ilham Djaja) melaksanakan serah terima jabatan dari Plt. Kakanwil yang sebelumnya yaitu Bambang Iriana Djajaatmadja, kini kembali menjabat sebagai Direktur Kerjasama HAM, di aula Kanwil Kalteng.

Hadir pada acara tersebut, Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng (Fahrizal Fitri), Kepala Divisi Administrasi (Sucipto), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Cahyani Suryandari), Kepala Divisi Keimigrasian (Ignatius Purwanto), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Hanibal), Para Kepala UPT Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng,  serta tamu undangan lainnya.

(Baca Juga : Rapat Koordinasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Kabupaten Pulang Pisau)


Acara dimulai dengan tari adat Selendang Bawi Dayak sebagai ucapan selamat datang kepada para tamu yang hadir oleh WBP Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya dan dilanjutkan dengan Prosesi Pengalungan Bunga dan Bucket kepada Kepala Kantor Wilayah yang baru. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang membuat acara menjadi lebih khidmat dan haru. Staf Ahli Bidang Ekonomi (Ir. Razilu, M.Si) turut hadir guna menjadi saksi dalam penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Wilayah sekaligus menghadiri undangan langsung dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian kesan dan pesan untuk Plt. Kakanwil yang diberikan oleh Kepala Divisi Administrasi (Sucipto). Ia menjelaskan “Kesan kami kepada Bapak Bambang Iriana Djajaatmadja sangat luar biasa, dalam memimpin selama beberapa bulan ini terkesan bagi Kami, karena sangat arif dalam memberikan arahan, kebijakan dan dalam memberikan hal-hal yang lain. Tentu ini harapan kami semoga apa yang telah dan diberikan oleh Bapak Direktur Kerja Sama Bidang HAM dapat kami implementasikan sehingga ke depan atas jabatan baru yang Bapak emban dapat diberikan juga kekami sehingga Kami dapat mewujudkan karakter yang betul-betul KAMI PASTI”.


Sementara itu, Plt. Kakanwil (Bambang Iriana) menyampaikan rasa terima kasih sekaligus permintaan maaf kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah dan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di dalamnya. “Selama dua bulan ini saya juga sudah banyak mengenal pejabat dan pegawai yang ada disini dan berkunjung ke beberapa UPT yang ada di Kota Palangka Raya, Kasongan, Sampit, dan Buntok serta Kapuas. Untuk Kepala UPT saya mohon maaf baru bisa berkunjung sampai ke Sampit dan Buntok, belum sampai ke Sukamara dan Muara Teweh, dikarenakan jarak tempuh dan luas wilayah Kalimantan Tengah ini yang begitu luas.”

Di akhir sambutannya Plt. Kakanwil menyampaikan apabila ada hal-hal yang kurang berkenan baik dalam ucapan maupun perbuatan, beliau menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Untuk Kepala Kanwil yang baru, saya menyampaikan kondisi di Kalteng ini sangat kondusif, kerja sama antar instansi vertikal dan Forkopimda berjalan sangat baik, dan internal Kantor juga sangat kondusif.

Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah yang baru, Ilham Djaja memperkenalkan diri didampingi oleh Istri (Rita Ilham Djaya). Ia menekankan bahwa Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah saat ini telah memiliki prestasi yang baik. "Minimal kami akan menyamai prestasi yang sudah ada,” katanya. Kakanwil juga berpesan kepada seluruh jajaran untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dengan cara melakukan evaluasi secara dini dan mendalam di intern masing-masing. Ia juga menyampaikan dirinya sudah 17 kali mutasi, dan ini adalah jabatannya sebagai Kakanwil di Kalimantan Tengah setelah sebelumnya menjabat sebagai Kakanwil Bengkulu.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Fahrizal Fitri) memberikan sambutannya, ia mengucapkan “selamat datang kepada bapak Ilham Djaya sebagai Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang baru, dan kami mewakili pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berharap peran aktif Kakanwil Kementerian Hukum dan dan HAM Kalimantan Tengah yang baru, untuk selalu berkoordinasi dalam penyelenggaraan tugas dan fungsinya dengan Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah dan akan banyak tugas-tugas yang memerlukan sinergitas dalam upaya kita meningkatkan pembangunan ( Fisik maupun mental ) di provinsi kalimantan Tengah Bumi Pancasila, dengan cita- cita mewujudkan Kalimantan Tengah.” Ucapnya.

Sambutan terakhir diberikan oleh Eselon I Staff Ahli bidang Ekonomi (Razilu) sebagai wakil Menteri Bapak Yasonna Laoly dalam sertijab ini. Dalam sambutannya ia membacakan sambutan Bapak Menteri Hukum dan HAM dan mengucapkan selamat bertugas kepada pejabat yang baru, dan selamat bekerja pula kepada pejabat lama di tempat yang baru nantinya. (red-dok, Humas Kalteng, Sep ’19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook