Coffee Morning Kakanwil bersama Badan Restorasi Gambut dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 29 November 2019 10:47, Dibaca 231 kali.


Palangka Raya - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Tengah (Ilham Djaya) didampingi oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Cahyani Suryandari) dan Kepala Bidang Hukum (Agustina) mengadakan coffee morning dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) dan ODP Pemberdayaan Masyarakat serta DInas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah. (28/11/2019).

Pada kegiatan tersebut, Koordinator Lapangan Kemitraan Badan Restorasi Gambut (Andi Kiki) menyampaikan awal di bentuknya BRG pada Perpres 1/2016, merupakan Lembaga non struktural yang mesti melakukan restorasi gambut di 7 Provinsi dari Sumatera, Kalimantan, dan Papua, BRG di bantu oleh TRGD, ditetapkan oleh Gubernur dan di pegang oleh Dinas Lingkungan Hidup. Untuk di Kalimatan Tengah sendiri Mitra BRG melakukan restorasi di Kabupaten Pulang Pisau di 46 Desa, dimana kabupaten tersebut merupakan daerah yang menjadi prioritas restorasi lahan gambut. Andi juga menyampaikan bahwa sebelumnya telah ditetapkan paralegal di wilayah tersebut dan kedatangannya ke Kantor Wilayah untuk bersinergi dengan Kemenkumham dalam rangka penetapan desa sadar hukum.

(Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Kalteng Beri Arahan pada RAKOR Penyusunan Base Line Rencana Kerja dan Anggaran Keimigrasian)

Selanjutnya, Kepala Kantor Wilayah menyampaikan apresiasi atas kegiatan restorasi lahan gambut yang dilakukan oleh BRG. Namun lebih lanjut, beliau menekankan bahwa proses restorasi gambut akan lebih baik jika dilakukan pencegahan dan pemahaman kepada masyarakat tentang Karhutla. Tidak dapat dipungkuri penyebab Karhutla 90% adalah ulah tangan manusia. Oleh sebab itu, yang perlu ditingkatkan lagi adalah pemberdayaan manusia, seperti telah ditetapkan paralegal di Kab. Pulang Pisau harus ada kelanjutan dan berdampak positif kepada masyarakat.

Kakanwil juga menyampaikan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng dapat berkontribusi dalam pembuatan hukum berupa Perda bersama Pemerintah Daerah, dan meningkatkan peran Peralegal terkait bantuan hukum di Wilayah.

Kakanwil berharap Kegiatan coffee morning  ini akan rutin dan terus dilakukan dengan lembaga/instansi baik vertikal maupun Pemerintah Daerah yang ada di Kalimantan Tengah, sehingga kedepannya dengan bersinergi dapat memperkokoh hukum dan berperan dalam pembangunan di Kalteng sesuai dengan program presiden dan arahan menteri Hukum dan HAM RI. (Reddok, Humas Kalteng, Nov’19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook