Kerajinan Getah Nyatu WBP Rutan Palangka Raya Sedot Perhatian Walikota dan Pengunjung Palangka Raya Fair 2019

Kontribusi dari Pemasyarakatan Kalteng, 27 Agustus 2019 10:07, Dibaca 545 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Luar biasa, Kerajinan Getah Nyatu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II A Palangka Raya berhasil menyedot perhatian masyarakat pengunjung Palangka Raya Fair 2019. 

Ini tampak terlihat sejak pembukaan tanggal 24 Agustus 2019 kemaren Stan Rutan Kelas II A Palangka Raya selalu dipadati para pengunjung pameran baik dari Masyarakat Kota Palangka Raya sendiri maupun masyarakat dari luar daerah terang Kepala Rutan Palangka Raya (Ahmad Zaenal Fikri) yang didampingi Kasubsi Bimbingan Kerja (Erick Jhon Sitohang), Selasa (27/08). 

(Baca Juga : Lapas Sukamara Berpartisipasi Pecahkan Rekor MURI Tari Kolosal )


Dikatakannya,  Ajang Palangka Raya Fair ini merupakan agenda tahunan yang di gelar Pemerintah Kota Palangka Raya sebagai salah satu rangkaian kegiatan memperingati hari jadi ke-62 Kota Palangka Raya dan hari jadi ke-54 Pemerintah Kota Palangka Raya. Selain itu pula untuk memaksimalkan peran pelaku UMKM dalam rangka memperkenalkan produk-produk unggulannya yang pastinya akan berdampak pada perputaran ekonomi di Kota Palangka Raya. 

Mengingat akan hal tersebut kata Fikri, Rutan Kelas II A Palangka Raya tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada karena seperti kita ketahui bersama produk–produk warga binaan kita tidak kalah bagus dengan produk yang dihasilkan pihak luar. Bahkan menurutnya produk kerajinan Getah Nyatu yang kita buat memiliki keunikan dan daya seni yang sangat tinggi sehingga kita sangat percaya diri akan produk yang kita tampilkan pada ajang Palangka Raya Fair 2019 ini. 


Selain itu di stan Rutan Palangka Raya kita juga demontrasi pembuatan produk yang diperagakan langsung oleh para WBP yang sudah kita didik dan punya pengalaman dibeberapa ajang pameran baik ditingkat local bahkan nasional, terang Fikri.

Yang lebih menarik lagi pada Senin malam (26/08) Walikota Palangka Raya (Fairid Naparin) dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya (Affendie) menyempatkan diri mengunjungi stan Rutan Palangka Raya. Dilokasi Walikota berdialog dan melihat langsung demo pembuatan kerajinan Getah Nyatu yang diperagakan langsung oleh salah satu WBP Rutan (Antoni Himansyah

Menurut Walikota, Dirinya kaget dan terkesima, ternyata SDM yang ada di Rutan Palangka Raya sangat berkualitas karena produk kerajinan yang dihasilkan sangat luar biasa, rapi dan  dalam penyajian tampilan produk lebih menarik sehingga kalau kita melihatnya pasti akan sangat tertarik dan mau memilikinya.   

Hal ini perlu dikembangkan karena melihat kemampuan yang ada selain itu juga ini merupakan produk asli Kalimantan Tengah. Untuk itu pihaknya siap membantu Rutan Palangka Raya dalam pengembangan produk-produk lainnya. Dikatakannya, bahwa pihaknya menunggu pengajuan proposal dari Rutan Palangka Raya terkait peningkatan pembinaan bagi warga binaan sehingga kedepan bisa menjadi sumber ekonomi kreatif dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Palangka Raya.

Diakhir kunjungannya ke Stan Rutan Palangka Raya, Walikota juga membeli salah satu hasil peroduk kerajinan getah nyatu dengan motif batang garing seharga Rp. 1,7 juta dan berfoto bersama didepan stan bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng (Hanibal). 

Sementara itu  Kepala Divisi Pemasyarakatan (Hanibal) dalam komentarnya mengucapkan terima kasih kepada orang nomor satu di Kota Palangka Raya ini yang menyempatkan diri berkunjung ke Stan Rutan Palangka Raya dan membeli salah satu produk dari hasil karya WBP kita. Menurutnya ajang pameran seperti ini merupakan salah satu sarana informasi kepada masyarakat atas keberhasilan pembinaan-pembinaan yang kita lakukan karena walaupun mereka (WBP) berada ditempat yang terbatas, akan tetapi tidak menghalangi untuk berkreatifitas yang tanpa batas. Create : Subbid Pembinaan, TI dan Kerjasama.

Pemasyarakatan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook