Tim Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Kalteng Laksanakan Penggeledahan dan Tes Urine Petugas serta WBP Lapas Muara Teweh

Kontribusi dari Pemasyarakatan Kalteng, 26 Agustus 2019 10:15, Dibaca 395 kali.


MMCKalteng - Muara Teweh - (26/08) Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah (Hanibal) memimpin langsung Tim Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) untuk melaksanakan dua kegiatan penting yakni Penggeledahan ke blok napi narkoba dan tes urine Warga Binaan  dan Petugas Lapas Kelas II B Muara Teweh, Jum’at (23/08). 

Dalam kegiatan Penggeledahan tersebut, Kepala Bidang Keamanan (Arief Gunawan) didampingi Kepala Bidang Pembinaan (Jevius J Siathen) membagi Tim Satgas Kamtib yang anggotanya gabungan dari Kantor Wilayah, Lapas dan Bapas Muara Teweh menjadi 3 (tiga) regu yakni satu tim untuk blok perempuan dan dua tim untuk blok narkoba laki-laki. 

(Baca Juga : Kegiatan Pusat Pelatihan Pembinaan Kemandirian dan Pembinaan Kerohanian bagi Warnarupa Resmi Dibuka)


Dalam kegiatan penggeledahan yang dilakukan kurang lebih memakan waktu 3 jam tersebut Tim Satgas telah menemukan HP sebanyak 3 buah, charger 5 buah, headset 2 buah, korek api gas 7 buah, sendok stainless 7 buah, gelas stainless, gelas kaca 3 buah, kartu remi dan domino 7 pak, tang 1 buah, parfum botol kaca 2 buah dan barang-barang lainnya yang dilarang masuk kedalam Lapas. 

Sementara pada kegiatan tes urine Tim Satgas Kamtib  telah melaksanakan pemeriksaan kepada 109 orang dengan rincian 48 petugas Lapas, 11 orang petugas Bapas dan 50 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan semuanya hasilnya negatif. 


Atas hasil dari dua kegiatan yang telah dilaksanakan Tim Satgas Kamtib tersebut, , Kadiv Pas memberikan apresiasi dan respon positif kepada pihak Lapas yang benar-benar berkomitmen bebas dari narkoba, Artinya baik petugas maupun WBP tidak ada yang mempunyai keterkaitan dengan narkoba baik itu untuk konsumsi maupun peredarannya. Sedangkan untuk hasil penggeledahan, kita tentu sita dan nantinya akan dimusnahkan dan dibuatkan berita acara pemusnahan dan dilaporkan ke Kantor Wilayah terang Kadiv Pas. 

Sementara Kepala Lapas Kelas II B Muara Teweh (Sarwito) mengucapkan terima kasih kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Tim Satgas Kantor Wilayah yang telah melaksanakan razia penggeledahan serta tes urine petugas dan WBP. Dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan apapun. Setidaknya dengan hasil pemeriksaan urine yang negatif tersebut setidaknya bisa menjadi bukti bahwa Lapas Muara Teweh zero narkoba.

Selanjutnya, atas temuan 3 buah handphone yang berhasil disita Tim Satgas Kamtib, Pihaknya tentu akan mengevaluasi kinerja petugasnya. Kita akan bangun penguatan  terutama dibagian P2U sehingga kedepan tidak lagi kecolongan barang-barang yang dilarang masuk kedalam Lapas sehingga Lapas Muara Teweh benar-benar menjadi Lapas yang anti Halinar ungkap Sarwito. Create : Subbid Pembinaan, TI dan Kerjasama.

Pemasyarakatan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook