Kemenpar Gelar ISTA di Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 23 Juli 2019 11:17, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kementerian Pariwisata menggelar kegiatan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019 untuk mendorong hadirnya destination berkelanjutan kelas dunia. Untuk itu dilakukan penjurian dari Kemenpar di Desa Wisata Kereng Bangkirai Jalan Mangku Raya Palangka Raya, Senin (22/7/2019).

Juri dan ketua Tim Visitasi Lapangan ISTA 2019 Kemenpar RI Prof. Winda Mingkid, menyampaikan “ISTA saat ini adalah yang ketiga, tujuan kami untuk melihat dan melakukan peninjauan lapangan melihat apa saja yang sudah dibenahi, dan seberapa besar sudah dibenahi”.

(Baca Juga : Pembangunan Desa : Bupati , Serahkan Bantuan Keuangan Khusus Kabupaten Lamandau.)

Sehubungan dengan ISTA 2019 ada 4 kriteria yang akan dinilai. Yang pertama, bagaimana tata kelolanya, kedua Pemberdayaan Masyarakatnya, ketiga apakah sudah melestarikan seni budayanya dan yang keempat tentang pelestarian lingkungan.

Tim akan melakukan penilaian melalui wawancara dan meninjau langsung ke lapangan. Harapannya kalau laporannya 80 persen, ternyata setelah di cek 90 persen, ungkap Prof. Winda Mingkid.

Dalam wawancara tersebut, ada beberapa pertanyaan antara lain yang dibuktikan dokumen atau foto kegiatan, perencanaan RTRW, Amdal, program pendidikan tentang perubahan iklim, hukum adat, daftar situs budaya, survey tingkat kepuasan pengunjung, dan sebagainya. (MC Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook