TMMD Menjawab Aspirasi

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 16 Juli 2019 09:20, Dibaca 199 kali.


TNI Manunggal Membangun Desa adalah suatu program terpadu antara TNI khususnya TNI AD dan pemerintah daerah yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah juga akan meningkat. Selain sasaran pokoknya, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah. TMMD juga bertujuan pembinaan keamanan wilayah. Peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah masih perlu mendapat perhatian dari pemerintah karena secara umum masyarakat hidup dibawah garis kemiskinan dan sebagian besar tinggal di daerah perdesaan.

Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Imbangan ke 105 tahun 2019 di wilayah Kodim 1011/Klk dilaksanakan di Desa Wargo Mulyo  Kecamatan Kapuas Kuala Kabupaten Kapuas. Hal ini berkenaan dengan peran TNI selaku bagian dari komponen negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tugasnya. Program TMMD selama ini telah banyak membantu tugas Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dalam rangka meningkatkan percepatan pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

(Baca Juga : Semangat Kapuas Bisa)

TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, penting, dan luar biasa. Adanya semangat gotong royong membangun bangsa, semua bahu-membahu, memberikan sumbangan pikiran, gagasan, tenaga, dan keterampilan sampai sumbangan materi yang diberikan secara sukarela dan tanpa pamrih. Dengan adanya program ini sudah banyak jalan dan jembatan yang dibangun para Prajurit TNI bersama-sama dengan masyarakat yang sangat membantu aksesibilitas untuk mereka yang bekerja, bersekolah, beribadah, ataupun aktivitas lainnya.

Jiwa kekeluargaan yang dimiliki bangsa Indonesia, maka akan mudah untuk melaksanakan pembangunan apabila hal ini dimanfaatkan dengan tepat. TNI Manunggal Membangun Desa dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki oleh masyarakat. Dalam melaksanakan setiap kegiatan apabila dilakukan dengan gotong-royong yang didasari kekeluargaan akan lebih mudah jika dibandingkan melaksanakan kegiatan tersebut secara individu.

Semangat masyarakat yang dilatarbelakangi oleh semangat ingin maju merupakan kekuatan untuk melaksanakan pembangunan. Semangat, loyalitas, kebanggaan, dan antusiasme yang tertanam melandasi kemanunggalan TNI dan masyarakat. Hal tersebut menjadi kekuatan yang dahsyat dan dapat dijadikan modal dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa. Kemanunggalan TNI dan masyarakat dalam pelaksanaan TMMD dapat dilaksanakan dengan baik, apalagi Prajurit TNI yang dilandasi oleh kesadaran akan jati diri bahwa Prajurit berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan berjuang untuk rakyat.

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa memanfaatkan kekayaan alam dan dapat segera dimanfaatkan. Kegiatan ini dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk melaksanakan pembangunan di daerah. Pemerintah daerah dapat meningkatkan penghasilan asli daerah dengan memaksimalkan pengolahan potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut. TMMD harus selalu berada bersama rakyat, memperhatikan dan melindungi rakyat, berjuang bersama rakyat dan untuk kepentingan rakyat dalam upaya melindungi negara. Program ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Program tersebut juga diharapkan mampu menjawab aspirasi dan kepentingan daerah, sehingga dapat mengurangi keresahan masyarakat terhadap minimnya sarana dan prasarana.(syatkmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook