Rutan Kelas II A Palangka Raya Manfaatkan Lahan Kosong untuk Bercocok Tanam

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 April 2019 13:41, Dibaca 9 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya (03/07) – Pembinaan yang dilakukan Rumah Tahanan Negara Kelas II A Palangka Raya terhadap warga binaannya kembali membuahkan hasil yang nyata. Hal ini tampak terlihat dari semula hanya lahan kosong sekarang berubah hijau menjadi lahan perkebunan yang produktif.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari bimbingan yg dilaksanakan dirutan, luas lahan yang dipakai berada di lingkungan luar tembok rutan dengan luasan lahan sekitar1/4 Ha

(Baca Juga : Saring Calon Pejabat Handal dan Berintegritas, Kanwil Kemenkumham Laksanakan Assesment Pegawai )

Kepala Rutan Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri mengatakan bahwa kegiatan pertanian di Rutan konsisten menjalankannya, untuk memanfaatkan lahan kosong di tengah sulitnya mengolah tanah tandus dan tidak subur menjadi seperti sekarang ini, lumayan dapat di manfaatkan bagi warga binaan yang asimilasi untuk berkebun dan mengurangi kejenuhan selama menjalani pembinaan.


Adapun jenis tanaman yang ada di kebun tersebut yaitu sayur mayur seperti Sawi, Kangkung, Terung, Krawila, Cabai, Jahe Merah dan Bayam. Hasil pertanian dari sayur mayur tersebut dipasok ke pasar tradisional.

Dijelaskannya, pada kegiatan pembinaan pertanian ini pihaknya juga mendapat dukungan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbang Provinsi Kalimantan Tengah terkait Pendampingan Inovasi Teknologi Pertanian dengan Pemamfaatan lahan pekarangan. Dibawah bimbingan para ahli kita bisa melaksanakannya dengan baik. Alhasil, kita sudah bisa melakukan panen dari hasil kebun yang kita miliki dan sudah barang tentu bermanfaat bagi semua, ucap Fikri.

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook