Rakor Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Lingkungan Provinsi Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Rikah Mustika, 18 Desember 2017 11:33, Dibaca 694 kali.


MMC Kalteng - Dalam rangka mempersiapkan kegiatan Tahun 2018, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menggelar acara rapat koordinasi penyelenggaraan statistik sektoral di lingkungan daerah provinsi Kalimantan Tengah di aula Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (18/12/2017). Rapat dihadiri oleh pegawai Eselon III dan VI serta beberapa staf.

Mikelson Damek, ST, MT, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi selaku pemimpin rapat menyampaikan intruksi dari Presiden RI bahwa kegiatan dari tahap perencanaan harus didasari oleh data yang akurat. Kedepannya tugas Diskominfo mengumpulkan data dari seluruh SOPD, sehingga harus dibentuk tim khusus untuk mengumpulkan dan menginput data, serta membentuk tim verifikasi data. Harapannya tim yang dibentuk nantinya akan diberikan pembinaan berupa bimbingan teknis (bimtek) oleh BPS.  

(Baca Juga : Kadis Kominfo: Peran Data Sektoral Sangat Penting)

Muhammad Said, S.ST, Kepala Bidang IPDS, Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menjelaskan data dasar dilakukan oleh BPS berupa sensus dan survey, sedangkan data sektoral dilakukan oleh Diskominfo berupa pengumpulan data-data survey di tiap SOPD. BPS memiliki kewajiban untuk membina dalam hal pengumpulan data sektoral agar tidak ada data yang rancu dan ambigu, sehingga data yang dimiliki kedepannya sesuai dengan metode pengumpulan data. Data yang sudah terkumpul akan dikumpulkan dalam forum data (forum diskusi). Tujuan adanya forum data yaitu apabila salah satu SOPD membutuhkan data dan dimiliki oleh SOPD lain, maka tidak perlu dilakukan pengumpulan data ulang. Pada sesi penutup, pemimpin rapat berharap pihak BPS siap untuk memberikan pembinaan terhadap data sektoral dan perlu adanya rapat berkala yaitu forum data (forum diskusi). (Rikah / Foto : Rikah)   

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook