Peninjauan Kecelakaan Kapal Tongkang di Montallat

Kontribusi dari Willy Febri, 14 November 2017 10:13, Dibaca 1,373 kali.


MMCKalteng - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah melakukan peninjauan terhadap kecelakan kapal tongkang BG. DAYA 001 dan kapal tongkang BG. NAUTICA 17 (8/11). Pos Pelayanan LLASDP Montallat menemukan kapal tongkang Batubara yang diberitakan kandas di Sungai Barito. Kapal tongkang dengan nama BG. DAYA 001  dan BG. NAUTICA 17 tersebut ditemukan kandas di sekitar Teluk Siwak. Kapal tersebut kandas di perairan Teluk Siwak, Montallat, Kabupaten Barito Utara, dengan titik koordinat lokasi kecelakaan  1Ëš19.856ËŠS /114Ëš52.519ËŠE.

Pada saat kapal tongkang BG. DAYA 001 kandas dan patah kondisi kedalaman alur 3,2 meter dan kondisi draft kapal 4,4. Sedangkan kapal tongkang BG. NAUTICA 17 kandas dan karam dan patah kondisi kedalaman alur 4,32 meter dan kondisi draft kapal 4,8 meter.
Peristiwa itu terjadi pada 24 Juli lalu, di Sungai Barito. Kapal tongkang berangkat dari Paring Lahung, Kabupaten Barito menuju Teluk Timbau, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Akibat pendangkalan DAS Barito, tongkang Nautica 17 pun kandas di kandas di perairan Teluk Siwak, Montallat, Kabupaten Barito Utara.

(Baca Juga : Kadis Kominfo : Perlu Kerjasama Dan Sinergitas Menuju Smart City dan Smart Province)

Tindak lanjut yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah yaitu telah menyurati pemilik kapal terkait evakuasi kapal tongkang, dimana kapal tongkang BG. DAYA 001 dan BG. NAUTICA 17 dapat mengganggu keselamatan alur pelayaran. (Willy)

Willy Febri

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook