Rapat Kerja dan Evaluasi Meningkatkan Kapasitas Profesionalisme

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 21 Februari 2019 17:04, Dibaca 39 kali.


MMCKalteng – Sebanyak 279 peserta terdiridari kepala desa, Perangkat Desa Ketua BPD dan Camat seKabupaten Gunung Mas mengikuti rapat kerja dan evaluasi pemerintah desa kegiatan itu digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDES) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mulai 21-23 Februari 2019.

“Melalui kegiatan rapat kerja dan Evaluasi Pemerintah Desa Kabupaten Gunung Mas tahun 2019 ini saya mengajak kita semua untuk menjadikan forum ini sebagai wadah berdiskusi untuk saling memahami dan memperoleh suatu rumusan dan formulasi yang tepat dan efektif guna menentukan rangkaian arahan kebijakan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tata kelola pemerintahan desa yang transparan, profesional, dapat dipertanggungjawabkan, efektif, dan efisiensi, berskala lokal,” ucap Bupati Gunung Gumas Arton S Dohong dalam sambutannya di GPU Damang Batu, Kamis (21/2/2019) pagi.

(Baca Juga : Peringatan HKN ke-57, Bupati Hj Nurhidayah Serahkan Penghargaan kepada Para Pejuang Covid-19)

Diakatakanya, dalam hal upaya untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme dalam penyelenggaraan pemerintah, apabila Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD masih belum dapat memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik, saya minta agar masing-masing lembaga ini dapat meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan-pelatihan atau pun dengan cara berkonsultasi, berkoordinasi dan berdiskusi dengan Camat beserta jajarannya.

Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan bahwa sebentar lagi kita akan melaksanakan proses pemungutna suara dalam pemilihan legislatif, dan pemilihan Presiden yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 17 April 2019. Kiranya kita semua dapat berpartisipasi dalam mensukseskan acara tersebut, saya berharap kepada seluruh peserta rapat kerja dan evaluasi agar mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilih sebaik-baiknya.

“Saya harapkan pada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini, dengan baik dan sungguh-sungguh, tanyakan kepada para narasumber hal-hal yang belum jelas, shingga setelah kegiatan ini selesai, seluruh Kapala Desa, Sekretaris Desa dan Ketua BPD dapat melaksanakan tugas-tugas dapat lebih baik lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DPMDES Kabupaten Gumas Yulius Agau menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan tata kelola Pemerintah Desa dan BPD, pelaksanaan Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat, Pembinaan Kemasyarakatan, Pelaporan dan pertanggung jawaban serta kinerja Kepala Desa dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa. Menyampaikan pokok-pokok perubahan sistem keuangan desa dan siskeudes versi 2.0 sesuai Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dan kewajiban perpajakan bagi desa.

Press Release Bidang Pengelolaan Informasi Publik.

 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook