Pemkab Kobar Luncurkan Aplikasi SAPA SIDA

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 15 Maret 2021 11:10, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) melaunching Sistem Aplikasi Pelayanan ASN Berbasis Digital yang disingkat SAPA SIDA. Aplikasi yang merupakan hasil kolaborasi antara BKPP dan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian ini dilaunching langsung oleh Sekretaris Daerah, Suyanto di aula kantor BKPP, Senin (15/3/2021).

Kepala BKPP, Aida Lailawati menjelaskan bahwa aplikasi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan secara prima dan profesional di bidang administrasi kepegawaian. Aida menekankan pentingnya digitalisasi dan transformasi dokumen kepegawaian.

(Baca Juga : Rumpin Gelar Lomba Untuk Pelajar)

Dalam aplikasi SAPA SIDA, ASN dapat menyimpan dokumen kepegawainnya secara digital sehingga bisa dihindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilang, terbakar dan dokumen juga akan mudah ditemukan jika kita ingin memakainya.

“Nantinya jika ingin mengurus kenaikan pangkat atau pensiun tidak perlu lagi mengumpulkan dokumen, cukup ambil dari aplikasi SAPA SIDA,” ujar Aida.

Sekda Kobar, Suyanto menyambut baik peluncuran aplikasi SAPA SIDA. Suyanto menerangkan seiring dengan kemajuan zaman pada era revolusi 4.0 dimana setiap orang termasuk ASN wajib menggunakan teknologi informasi jika tidak ingin tertinggal. Salah satu indikasi dari revolusi 4.0 itu yaitu sistem pemerintahan berbasis digital.

“Dengan sistem pelayanan digital melalui aplikasi SAPA SIDA, diharapkan mampu tercipta pelayanan administrasi kepegawaian yang efektif dan efisien terutama di era kenormalan baru,” ujar Suyanto.

Disamping itu Sekda juga berpesan agar ada manajemen resiko terhadap aplikasi SAPA SIDA, agar bila terjadi sesuatu seperti kehilangan data, dapat dengan cepat diatasi dan ditemukan solusi lain untuk mengatasinya.

“Saya juga berharap agar aplikasi ini dapat terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terkini,” ujar Sekda mengakhiri sambutannya. (bkpp kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook