Kemenkumham Kalteng Jalin Kerjasama Dengan Universitas Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 07 Februari 2019 17:02, Dibaca 376 kali.


MMCKalteng – dalam rangka peningkatan kualitas SDM Aparatur, hari ini Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah dengan Universitas Palangka Raya melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama dibidang hukum di Aula Rektorat Universitas Palangka Raya (UPR), Kamis (07/02).

Acara yang digagas oleh Universitas Palangka Raya ini bukan hanya melaksanakan penandatanganan MoU Nota Kesepahaman Bersama antara Kanwil Kemenkumham saja melainkan juga melaksanakan penandatanganan MoU dengan pihak Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Dewan Adat Dayak (DAD) dan Bank Pembangunan Kalteng (BPK).

(Baca Juga : Puji Kinerja Lapas Sukamara Terkait WBK, Kakanwil: Lebih Kompak Lagi, Lebih Rapi Lagi)

Dalam penandatanganan tersebut, pihak Kanwil Kemenkumham Kalteng diwakili oleh Plh. Kepala Kantor Wilayah dalam hal ini diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi (Sucipto) dengan Rektor Universitas Palangka Raya (DR. Andrie Elia Embang).

Selanjutnya kedua belah pihak juga masing-masing menyerahkan cenderamata yang diserahkan langsung oleh kedua pimpinan yang melaksanakan penandatanganan MoU.

Dalam sambutannya Rektor UPR mengatakan bahwa MoU yang dilaksanakanan pada hari ini baik dengan pihak Kanwil Kemenkumham Kalteng, DAD, Kejaksaan Tinggi maupun dengan Pihak Bank Pembangunan Kalteng sebagai langkah untuk membangun SDM dalam dunia pendidikan khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

Agar pelaksanaannya mendapat payung hukum yang jelas baik dilihat dari sisi  administrasi maupun teknis. Menurutnya dengan kerjasama ini merupakan sebuah aspek yang sangat besar dalam rangka pengembangan SDM sesuai dengan perkembangan budaya dan kemajuan teknologi yang ada serta mengusung kearifan lokal daerah dengan Motto URP Jaya Raya, terang Rektor yang hobby memakai peci motif bulu macan ini.

Sementara Plh. Kepala Kantor Wilayah yang diwakili Kepala Divisi Administrasi (Sucipto) mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin selama ini. Menurutnya kerjasama kedua belah pihak ini menyangkut dua aspek kerjasama yakni dibidang Pendidikan dan Pengajaran serta kerjasama dibidang Penelitian serta Pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan adanya penandatanganan MoU Nota Kesepahaman kerjasama ini dalam rangka mewujudkan sinergitas antara Universitas Palangka Raya dengan Kanwil Kemenkumham Kalteng dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi.

Lebih lanjut dijelaskannya ruang lingkup pelaksanaan MoU Nota Kesepahaman ini meliputi enam poin penting yakni Peningkatan SDM memalui Pendidikan dan Pelatihan; Pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP); Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasai Hukum; Pelaksanaan Penelitian dengan melibatkan Perancang Perundang-undangan; Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah serta Pelaksanaan Penyuluhan Hukum dan Bantuan Hukum.

Dikatakannya, Pihak Kanwil Kemenkumham Kalteng akan membuka akses seluas-luasnya akses kepada pihak UPR dalam rangka kerjasama dengan Universitas Palangka Raya sehingga diharapkan Kemenkumham bisa lebih PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transfaran dan Inovatif) dalam melaksanakan kinerjanya, ucap Sucipto.

Pada Acara Penandatanganan MoU Nota Kesepahaman Bersama ini dihadiri oleh Sekda Provinsi Kalimantan Tengah (Fahrizal Fitri), Para Pimpinan Civitas Akademika Universitas Palangka Raya, Para Damang Adat dan Tokoh Masyarakat serta pihak Kanwil Kemenkumham Kalteng sendiri yakni Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kabid Hukum dan Humas Kantor Wilayah (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Feb 2019).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook