Komisi A Tinjau Lokasi Tanah ke Jakatan Raya

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 28 Januari 2019 09:07, Dibaca 1,138 kali.


MMCKalteng - Komisi A DPRD Kalimantan Tengah mendukung penuh usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) Rungan-Manuhing dari Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Pembentukan DOB ini mendesak dalam rangka mempercepat akselerasi pembangunan di daerah itu.

Untuk melihat persiapan rencana pembentukan DOB Rungan-Manuhing, Jumat (25/1) lalu, Komisi A DPRD Kalteng, yang membidangi pemerintahan, hukum, dan keuangan bersama Biro Pemerintahan Setda Kalteng turun ke lapangan untuk meninjau lahan yang disiapkan. Para wakil rakyat itu juga bertemu Pemkab dan DPRD Gumas, panitia pembentukan, dan masyarakat setempat, di Kantor Kecamatan Rungan di Jakatan Raya. Sementara lahan yang disiapkan terletak dari Desa Bereng Jun hingga ke wilayah Jakatan Raya, seluas kurang lebih 3.000 hektare.

(Baca Juga : Pemanfaatan Kayu di Lahan Food Estate Wajib Kantongi Izin)

Dalam pertemuan ini, pimpinan dan anggota Komisi A memberikan dukungan penuh terwujudnya Kabupaten Rungan-Manuhing. Hal itu pun mendapat sambutan menggembirakan dari masyarakat setempat.

Ketua Komisi D DPRD Kalteng Y Freddy Ering mengatakan, jika melihat kondisi saat ini, Rungan-Manuhing layak dimekarkan. Tujuannya, untuk mempercepat pembangunan. “Salah satu tujuan DOB ini untuk mempercepat pembangunan, mendekatkan aksessibilitas pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, kita mendukung penuh. Jangankan 100 persen, 1000 persen pun kita berikan dukungan,” kata Freddy, di sela-sela pertemuan itu.

Sementara Ketua Panitia DOB Rungan-Manuhing Suprapto Sungan mengatakan, usulan ini bukan untuk memisahkan diri dari Gumas. Tetapi, bagaimana pembangunan di daerah ini dipercepat. Sampai sejauh ini, selain usulan DOB Rungan-Manuhing, sudah ada dua usulan yang sudah disetujui DPRD Kalteng bersama pemerintah, di antaranya Kotawaringin Utara (Kotara), Kapuas Ngaju.

Kedua DOB ini sedang berproses di pemerintah pusat, namun masih terkendala karena pemerintah sedang memberlakukan moratorium pemekaran kabupaten baru di Indonesia.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook