Festival Budaya Isen Mulang : Sebuah Catatan Pewarta

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Mei 2022 08:58, Dibaca 14 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Usai sudah gempita dan semarak Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022. Perhelatan akbar bagi pelaku dan praktisi seni dan budaya tersebut telah ditutup dengan resmi oleh Gubernur Kalimantan Tengah, pada upacara puncak Hari Jadi ke 65 Provinsi Kalimantan Tengah tanggal 23 Mei 2022 lalu.

Semarak FBIM itu memang telah usai, namun cerita tentang FBIM 2022 tidaklah lekang, mungkin gelar seni budaya itu dianggap sangat istimewa bagi masyarakat Kalimantan Tengah. Pasalanya, FBIM absen dan vakum selama dua tahun dikarenakan pandemi COVID-19 yang melanda belahan dunia, tak terkecuali Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Asisten Ekbang Sri Widanarni Buka Seminar Ketahanan Pangan di Provinsi Kalteng Tahun 2023)

Pagelaran dan lomba seni pertunjukan ragam budaya khas Kalimantan Tengah telah tersaji dengan apik mulai tanggal 17 sampai dengan 22 Mei lalu, dari karnaval budaya hingga penobatan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata. Ragam khas seni budaya yang disuguhkan dan dilombakan mampu menghipnotis pengunjung yang begitu dahaga akan sebuah tontonan yang berakar pada pelestarian budaya lokal.

FBIM tahun ini seakan jadi momentum bangkitnya sektor kepariwisataan khususnya seni dan budaya.


Pantauan pewarta di lapangan pada setiap titik lokasi kegiatan lomba, tumpah ruah dipadati pengunjung . FBIM bukan hanya ajang lomba, tapi merupakan pengejewantahan dari komitmen pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai luhur budaya, agar tetap terjaga dan tidak tergerus oleh arus moderenisasi yang tidak dapat kita bendung. Maka, seni budaya merupakan wahana untuk tetap menjadi perekat keberagaman dan kemajemukan, selayaknya terus lestari dan terjaga di Bumi Isen Mulang yang kita cintai bersama.

Festival ditutup dengan hasil pencapaian karya cipta dan karsa serta upaya seluruh peserta yang mengharumkan nama kabupaten/kota yang sudah mengirim delegasi terbaiknya. Peringkat lima besar pemenang pada perhelatan FBIM 2022 diraih oleh Palangka Raya sebagai Juara Umum, diikuti oleh Barito Selatan, Pulang Pisau, Katingan, dan Barito Utara.

Selamat bagi para pemenang dan tentunya untuk seluruh peserta, kemenangan dan kekalahan merupakan bagian dari kompetisi, namun sportifitas dan kebersamaan dan spirit yang dibangun dalam melestarikan seni budaya itu jauh lebih penting, dari sekedar trophy dan piagam. Selamat bertemu kembali di Festival Budaya Isen Mulang tahun 2023. Pariwisata bangkit, budaya lestari. Jayalah Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila Tanah Berkah Kalimantan Tengah.(AS/Foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook