Laksanakan RDK Kanim Kelas I Palangka Raya Evaluasi Kinerja Tahun 2018 Dan Rencana Kerja 2019

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 07 Desember 2018 09:12, Dibaca 803 kali.


MMCKalteng – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Non TPI Palangka Raya kemaren Kamis (6/12) menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK). Dilaksanakannya Rapat RDK tersebut dalam rangka mengevaluasi kinerja selama tahun anggaran 2018 dan membahas rencana kerja untuk tahun 2019, ungkap Dadan Gunawan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya.

Dikatakannya bahwa dalam RDK ini selain dihadiri oleh seluruh Pejabat dan Pegawai dilingkungan Kanim Kelas I Non TPI Palangka Raya beserta tenaga kontrak yang ada, juga dihadiri oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng (Budi), Kepala Divisi Keimigrasian (Ignatius Purwanto) dan Kepala Divisi Administrasi (hajrianor).

(Baca Juga : Pelantikan Kenaikan Pangkat Sekaligus Pelepasan Purna Tugas Pegawai Lapas Muara Teweh)

Dalam paparannya Dadan mengatakan bahwa capaian kinerja Kanim Kelas I Non TPI Palangka Raya selama periode 2018 masih banyak yang harus dilakukan  evaluasi maupin perbaikan, hal tersebut  diperlukan sebagai bahan koreksi untuk pelaksanana rencana kerja tahun anggaran 2019.

Dirinya menganggap masih banyak hal yang perlu dilakukan pembenahan baik dari aspek pelayanan maupun administratif. Pembenahan sebagaimana yang dimaksud pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi yang lebih baik dan berkemajuan.

Oleh karena itu, pada kesempatan itu pula dirinyan mengajak seluruh pejabat maupun pegawai di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya untuk sama-sama berkomitmen mewujudkan hal-hal yang belum tercapai di periode sebelumnya dan terus memberikan kontribusi pemikiran yang inovatif untuk kemajuan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya.

Menurutnya ditahun 2019 nanti kita akan fokuskan beberapa hal yang menjadi kegiatan antara lain optimalisasi ruang pelayanan, tersedianya ruang bermain anak yang memadai, layanan ramah HAM yang maksimal, kerja sama dengan PT. POS Indonesia, dan pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di Kabupaten Murung Raya dan Barito Selatan. 

Menanggapi akan hal tersebut, Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Hajrianor memberikan  apresiasi kepada pihak Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya atas terselenggaranya kegiatan RDK ini. Dirinya meyakini  dibawah kepemimpinan Dadan Gunawan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya akan berkembang lebih maju kedepannya.

Terkait pelaksanaan kinerja, Kadivmin juga menyampaikan pesan/masukan yang konstruktif kepada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya. diantaranya  “Harus ada perjanjian kinerja secara berjenjang antara Kepala Kantor dan Kepala Seksi hingga unsur yang paling bawah,”ucap Hajrianor.

Menurutnya dengan adanya perjanjian kinerja tersebut unsur pimpinan paling atas hingga unsur paling bawah dapat sama-sama mengerti dan berkomitmen dalam pelaksanaan kerjanya. Hajrianor juga menyampaikan harapannya agar Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya dapat mencapai target sebagai Wilayah Zona Integritas kedepannya.

Kepala Divisi Keimigrasian (Kadiv Im) Ignatius Purwanto menekankan beberapa hal yang harus dilakukan pembenahan, salah satunya tentang perubahan mindset yang harus berubah dari semua pihak khususnya para petugas imigrasi.

Menurutnya mental melayani dan murah senyum harus dijiwai oleh petugas imigrasi bagaimanapun suasana hati mereka saat itu, karena hal itu diperlukan untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang pada akhirnya pelayanan yang maksimal tersebut akan bermuara pada kepuasan dan kepercayaan masyarakat kepada pelayanan yang ada di instansi pemerintah khususnya imigrasi.

Di kesempatan itu pula Ignatius meminta agar seluruh pejabat maupun pegawai yang ada di lingkup Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya untuk tidak melupakan aspek fasilitatif, menurutnya semua harus berjalan beriringan baik dari aspek pelayanan maupun fasilitatif sehingga tidak ada satupun aspek yang diabaikan.

Sementara, Plt Kepala kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng Budi yang juga hadir pada kegiatan tersebut sangat mengapresiasi kegiatan RDK yang diselenggarakan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya, pasalnya kegiatan tersebut belum pernah dilaksanakan di periode-periode kepemimpinan sebelumnya.

Dalam kegiatan tersebut Plt. Kakanwil meminta seluruh Kepala Seksi agar dapat bahu-membahu membantu Kepala Kantor Imigrasi mewujudkan target-target kinerja di tahun 2019.

”Organisasi yang baik adalah organisasi yang tidak tergantung pada satu orang saja, maka Kepala Kantor membutuhkan tim yang solid yang dapat membantu mewujudkan visi-misinya, serta dibutuhkan komunikasi dua arah antara pimpinan dan bawahan agar ada rasa saling mengerti dan saling memberikan koreksi sehingga kinerja organisasi dapat berjalan baik sesuai dengan harapan bersama,”.

Di akhir arahanya, Plt. Kakanwil berharap agar seluruh pejabat maupun pegawai dapat bekerja dengan baik dan terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat secara berkelanjutan. “Banyak hal yang belum tercapai, maka perjuangan belum selesai, banyak koreksi tak mengapa, tanpa kritik kita buta, pastikan target selanjutnya tak meleset ulang, wujud komitmen para pejuang” demi mencapai Kemenkumham yang PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transfaran dan Inovatif) serta menuju Kalteng BERKAH dan Bahalap, terang Budi yang juga sebagai Inspektur Wilayah I pada Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI ini. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Des. 2018 Sumber Humas TIKIM Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook