Harkannas 2021, Asisten I Ajak Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Konsumsi Ikan

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 25 November 2021 13:44, Dibaca 81 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas  – Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar puncak peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-8 tahun 2021, dengan tema Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul. Kegiatan ini dimeriahkan dengan lomba masak serba ikan antar bidang, serta lomba desain twibbon dan menulis artikel di tingkat provinsi.

“Perayaan Harkannas ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan, sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi,” ucap Bupati Gumas Jaya S Monong, melalui Asisten I Setda Lurand, Kamis (25/11/2021).

(Baca Juga : PP Nomor 49 Tahun 2018 Tegaskan Tugas BPJS Untuk Melindungi Pekerjaan Non-ASN)

Sejauh ini, lanjut dia, masih sedikit pelaku usaha yang melirik untuk membudidayakan ikan, sehingga sampai sekarang Kabupaten Gumas masih memerlukan pasokan ikan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ikan.

“Tentu ini merupakan peluang besar bagi masyarakat yang ingin berusaha di bidang budidaya perikanan, mengingat lahan kita masih luas untuk usaha tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan, pengolahan hasil perikanan juga memiliki prospek yang menjanjikan, dengan kreativitas dari bahan-bahan hasil perikanan dapat diolah menjadi produk perikanan yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi, seperti nugget ikan, brownies ikan, kerupuk ikan, dan lain sebagainya yang berasal dari ikan.

“Dengan mengkonsumsi ikan yang cukup, kami berharap akan menghasilkan generasi yang sehat dan cerdas, sehingga kita mampu bersaing dan menjadi masyarakat yang tangguh serta unggul,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Kabupaten Gumas Hansli Gonak mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pemanfaatan produk perikanan sebagai komoditas ketahanan pangan dan gizi, serta meningkatkan konsumsi ikan dan gerakan memasyarakatkan makan ikan.

“Dalam kegiatan ini kami juga mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk bersama-sama mengkonsumsi ikan dengan menu olahan serba ikan yang sudah disediakan,” terangnya.

Dalam rangka mendukung program peningkatan produksi perikanan, maka DPKP di tahun 2021 telah menyalurkan benih ikan dan pakan ikan kepada 18 kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Gumas. Selain itu pada tahun 2022, DPKP juga akan fokus meningkatkan produksi benih ikan pada Balai Benih Ikan (BBI) Kurun seberang dan Tewah untuk memenuhi permintaan benih di masyarakat.

“Kami juga fokus melakukan pembinaan kepada kelompok pembudidaya ikan untuk meningkatkan produksi perikanan dengan cara membuat zonasi wilayah budidaya, serta melakukan sosialisasi Undang-Undang perikanan,” jelasnya.

Terkait penanggulangan stunting, tambah dia, DPKP telah melaksanakan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) di dua lokasi, yakni di Desa Rangan Tate dan Tanjung Riu. Sasaran utamanya adalah anak Sekolah Dasar. Di tahun 2022, ada dua lokasi yang akan digelar kegiatan serupa, yaitu Desa Pematang Limau dan Tumbang Pajangei.

“Kalau terkait ketersediaan pangan, kami telah melakukan pembangunan lumbung pangan di lima lokasi, yakni Desa Karason, Tumbang Korik, Keretau Sarean, Tumbang Kuayan, dan Tumbang Samui,” katanya.

Sedangkan terkait program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), digelar di delapan lokasi, yakni Kelurahan Sepang Simin, Tumbang Marikoi, Desa Tumbang Tariak, Sumur Mas, Tumbang Sian, Luwuk Tukau, Bereng Baru, dan Tajah Antang Raya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook