Lapas Narkotika Kasongan Jaga Ketahanan Pangan Melalui Pembibitan Tanaman Hortikultura

Kontribusi dari Lapas Kasongan, 10 Maret 2021 09:30, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng - Katingan – Tim Kegiatan Kerja Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Kasongan melakukan pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) khususnya bagi Tahanan Pendamping Kegiatan Kerja melalui pembibitan Tanaman Hortikultura seperti Cabe, Terong, dan Tomat di halaman depan Lapas Narkotika Kasongan, Rabu (10/3/2021). Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Kegiatan Kerja Pirhansyah, Kepala Subseksi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja Agus Syamsuardi dan Staf Kegiatan Kerja.

Hortikultura merupakan cabang ilmu pertanian yang berurusan dengan tanaman kebun seperti buah-buahan, sayuran dan tanaman hias. Pada dasarnya, aktivitas hortikultura merupakan cara berkebun domestik dengan bentuk budidaya alami seperti pertanian besar. Tanaman hortikultura lebih sering mengarah pada produk-produk yang bisa dikonsumsi.

(Baca Juga : Kakanwil Kemenag Minta Umat Buddha Tingkatkan Sikap Moderat)

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kasongan yang diwakili oleh Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Pirhansyah menyampaikan bahwa dalam rangka menjaga ketahanan pangan, maka pihaknya membuat kegiatan pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi WBP khususnya bagi Tahanan Pendamping Kegiatan Kerja melalui pembibitan Tanaman Hortikultura seperti Cabe, Terong, dan Tomat yang proses pembibitannya dilakukan di halaman depan Lapas Narkotika Kasongan yang sudah digarap dan siap untuk dibuat lahan pembibitan.


"Tahap awal yang akan dilakukan yaitu membersihkan lahan, mempersiapkan tempat pembibitan dan proses pembibitan untuk tanaman cabe, terong, dan tomat. Apabila pembibitan ini berhasil dan membuahkan hasil akan kita kembangkan untuk melakukan pembibitan Tanaman Hortikultura lainnya. Mudah-mudahan dalam 2 minggu ke depan bibit yang telah disiapkan ini akan siap ditanam dan ke depannya akan dirawat oleh tahanan pendamping kegiatan kerja secara berkala," ucapnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi bekal kepada Warga Binaan khususnya bagi Tahanan Pendamping Kegiatan Kerja agar mampu menghasilkan ribuan bibit tanaman siap tanam. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan memberikan pengalaman kepada mereka untuk pembibitan tanaman dengan harapan setelah bebas nanti dapat terus mengembangkannya dan dapat bercocok tanam sendiri,” tutup Pirhansyah. (Humas Lapas Narkotika Kasongan)

Lapas Kasongan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook