Capai Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tinggi, Kabupaten Kobar Raih Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 13 September 2021 16:11, Dibaca 241 kali.


MMCKalteng  - Kotawaringin Barat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali meraih penghargaan di tingkat nasional. Penghargaan yang diterima kali ini adalah penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 dari Kementerian Pertanian RI.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah yang berkesempatan hadir menerima penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta Selatan, Senin (13/9/2021). Penghargaan ini diperoleh berdasarkan kinerja Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi selama periode Januari 2020 sampai dengan Juni 2021. Kabupaten Kobar menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang menerima, bersama 5 kabupaten lainnya se-Indonesia, yaitu Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Kota Baru, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Semarang.

(Baca Juga : Bupati Kobar Resmikan UHC Nurani)

Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa Penghargaan Bidang Pertanian 2021 diberikan khusus kepada para kepala daerah yang telah menciptakan terobosan dan inovasi, serta berhasil secara nyata mendorong daerahnya dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan pertanian nasional.

“Oleh karenanya, amat penting bagi Pemerintah Pusat untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah provinsi/kabupaten yang telah berkontribusi dan berprestasi dalam rangka meningkatkan produksi pangan dan ekspor pertanian yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya.


Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melaporkan bahwa tujuan pemberian Penghargaan Bidang Pertanian 2021 adalah untuk mengapresiasi kinerja dan prestasi pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia dan meningkatkan ekspor produk pertanian. Penyerahan penghargaan ini juga, lanjut Syahrul, sebagai rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 24 September 2021 mendatang.

Sementara itu, Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan apresiasinya atas diraihnya penghargaan ini. Bupati mengharapkan penghargaan ini dapat menambah semangat dan dedikasi semua pihak. Menurutnya, Sektor Pertanian di Kobar memiliki potensi yang sangat besar, baik tanaman pangan, hortikultura, peternakan maupun perkebunan.

“Semua sub sektor pertanian ini ke depan mesti mampu diintegrasikan agar diperoleh nilai tambah yang optimal dan dapat bersaing di pasar regional maupun internasional. Sementara ini, baru perkebunan kelapa sawit yang dominan sebagai penyokong perekonomian masyarakat, yang mampu terus meningkatkan neraca perdagangan ekspor non migas penghasil devisa negara," ucap Hj Nurhidayah.

Berdasarkan data BPS (Kotawaringin Barat Dalam Angka 2021), nilai ekspor komoditas pertanian pada tahun 2020 mencapai 300.028.021,59 US dollar atau sebesar 69,85 persen dari nilai total ekspor seluruh komoditas dari Kabupaten Kobar. Sedangkan sampai dengan Juni 2021, berdasarkan data Dinas PerindagkopUKM, tercatat nilai ekspor komoditas pertanian telah mencapai angka 234.281.682,50 US dollar atau sebesar 74,11 persen dari nilai total ekspor seluruh komoditas dari Kabupaten Kobar. (humas diskominfo kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook