Disaksikan Wamenag, Kanwil Kemenag Jalin Kerja Sama dengan PTA dan Dukcapil

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 04 Juni 2021 10:38, Dibaca 162 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah menandatangani nota kesepahaman dengan Pengadilan Tinggi Agama serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada Kamis (3/6/2021) malam. Penandatanganan disaksikan oleh Wakil Menteri Agama RI, H. Zainut Tauhid Saadi dilakukan oleh Kakanwil Kemenag H. Abd. Rasyid, Ketua PTA H. Samparaja, dan Kabid PIAK Ambar Ratmoko.

Implementasi nota kesepahaman itu akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akta nikah pasca menjalani sidang isbat nikah pada seluruh pengadilan agama di wilayah kerja Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah. Sedangkan dalam kewenangan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, perjanjian kerja sama tersebut akan bermanfaat dengan diterbitkannya akta kelahiran anak setelah sidang isbat nikah, serta perubahan status perkawinan pada KTP atau kartu keluarga pasca sidang perceraian.

(Baca Juga : Rutan Palangka Raya Laksanakan Penyemprotan Disinfektan Mandiri)

Kakanwil Kemenag H. Abd. Rasyid menyebut, nota kesepahaman itu merupakan bentuk terobosan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Implementasinya akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh berbagai dokumen kependudukan yang diperlukan setelah sidang isbat nikah dan perceraian.

“Implementasinya akan diterapkan pada seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah. Ini menjadi terobosan Kanwil Kemenag dan pihak yang terlihat dalam nota kesepahaman ini untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” tegas H. Abd. Rasyid.

“Jadi antara layanan yang di bawah kewenangan Kemenag, Pengadilan Tinggi Agama dan Dinas Dukcapil akan teritegrasi,” imbuhnya.

Wakil Menteri Agama H. Zainut Tauhid Saadi saat mengomentari penandatanganan nota kesepahaman itu mengatakan, kerja sama yang dilakukan Kemenag Kalimantan Tengah dan instansi teknis terkait menjadi bagian penting dalam pelaksanaan kebijakan Kementerian Agama, yakni peningkatan kualitas layanan. Wamenag berharap akan semakin banyak terobosan yang dilakukan jajaran Kementerian Agama di Kalimantan Tengah.

“Ini sebuah langkah besar dan strategis karena semakin mempermudah masyarakat. Esensi pelayanan publik adalah bagaimana masyarakat semakin dekat dengan apa yang kita lakukan,” ujar Wakil Menteri Agama. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook