Tingkatkan Produktivitas Sektor Penangkapan Ikan, Diskan Kobar Latih Nelayan Merawat Mesin Kapal

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 28 Mei 2021 22:09, Dibaca 351 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin BaratKegiatan penangkapan ikan adalah salah satu kegiatan hulu perikanan yang sangat besar sumbangannya bagi perkembangan ekonomi daerah. Dengan potensi dan luasan laut di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kita terus berharap agar kegiatan penangkapan ikan oleh nelayan akan berjalan optimal.

Salah satu faktor keberhasilan nelayan dalam operasi penangkapan ikan, adalah handalnya armada penangkapan yang ditunjang dengan mesin kapal yang mumpuni dalam melakukan operasi penangkapan. Pemkab Kobar melalui Dinas Perikanan (Diskan) terus mendorong peningkatan produktivitas kinerja di sektor penangkapan ikan dengan melaksanakan latihan perawatan dan penggunaan mesin kapal nelayan di Aula Desa Kubu, Jumat (28/5/2021).

(Baca Juga : Dinsos Kapuas Susun Data Warga Penerima Bantuan)

Kepala Diskan Kobar Rusliansyah dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah telah menyalurkan mesin-mesin kapal yang diserahkan kepada nelayan yang setiap tahun dengan berbagai kapasitas. “Pada tahun ini ada kurang lebih 139 mesin yang akan dihibahkan ke nelayan baik dalam bentuk mesin maupun mesin yang terpasang di kapal bantuan,” ujar Rusliasnyah.

Pemkab Kobar, dalam hal ini Dinas Perikanan berharap, dengan kegiatan pelatihan ini keterampilan dan skill nelayan dalam merawat dan menjaga mesin kapal lebih baik. “Dan pada saat nanti mampu lebih mandiri dalam menambah umur mesin menjadi lebih lama, sehingga mampu menekan biaya perawatan dan juga biaya pembelian mesin baru,” imbuh Rusliansyah.

“Kami berharap pelatihan ini dapat meningkatkan produktivitas nelayan karena terjaganya mesin-mesin hibah pemerintah agar mempunyai umur ekonomis yang panjang, yang tentunya akan banyak memberikan keuntungan bagi nelayan,” tutup Rusliansyah. (manis&nita/diskan kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook