Ikuti Launching AOE 2021, Dinas PMPTSP Kobar Siap Berpartisipasi

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 18 November 2020 16:04, Dibaca 145 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Barat - Untuk mendorong bangkitnya perekonomian Indonesia yang terpuruk akibat Covid-19 serta mendukung upaya meningkatkan pertumbuhan perekonomian di daerah, APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) akan melaksanakan agenda tahunannya yaitu Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2021 di Jakarta. Pada Rabu (18/11/2020) secara resmi APKASI melakukan launching Apkasi Otonomi Expo 2021 yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting yang dihadiri oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM, Bagian Pemerintahan, Bagian Kerjasama dan atau OPD yang terkait dengan Pameran Apkasi se-Indonesia.  

Acara launching tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Kobar yang diwakili oleh Kabid Promosi Penanaman Modal, Noor Herlina F beserta staf. Pada acara launching tersebut, Ketua Umum Apkasi yang juga merupakan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan sambutannya dan sekaligus me-launching AOE 2021. Azwar Anas menyampaikan, dengan terpuruknya perekonomian daerah akibat pandemi Covid-19 di tahun ini, maka Apkasi sebagai wadah kerja sama antar kabupaten seluruh Indonesia memiliki kewajiban moral untuk mengajak bangkit bersama guna menggerakkan dan memulihkan sendi-sendi perekonomian melalui ajang promosi produk-produk dan investasi unggulan daerah pada Apkasi Otonomi Expo 2021.

(Baca Juga : Media Center Kapuas Peringkat Tiga Kalteng)

“Kita harus optimis untuk bangkit,” ungkapnya. Selaras dengan hal tersebut AOE 2021 pun mengusung tema Ekonomi Daerah Bangkit, Indonesia Maju.

Sejak tahun 2001 hingga 2018, Apkasi telah menggelar 14 kali event promosi produk unggulan daerah yang berdampak cukup signifikan terhadap nilai investasi dan perdagangan para peserta expo. Untuk Kabupaten Kobar sendiri telah ikut berpartisipasi pertama kali pada AOE 2019.

Kabid Promosi PM, Herlina, menuturkan bahwa Kabupaten Kobar yang dikoordinir melalui Dinas PMPTSP akan mengikuti ajang AOE 2021 Trade, Tourism and Investment yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Juli 2021 bertempat di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta. 

“Pada pameran tersebut kita akan mempromosikan komoditas unggulan daerah, produk UMKM, potensi dan peluang investasi di Kobar dari berbagai sektor,” ungkapnya.

Selain itu, setiap kabupaten dapat mengikuti beberapa agenda dalam event tersebut antara lain business matching forum, workshop, Pemilihan Putri Otonomi Daerah 2021, performance dan lomba karya tulis untuk jurnalis dengan tema Ekonomi Daerah Bangkit, Indonesia Maju. 

Dinas PMPTSP Kobar optimis investasi akan semakin bertambah sehingga daerah akan semakin maju. Terbukti dengan meningkatnya permohonan Nomor Induk Berusaha (NIB) terutama di sektor UMKM. (dpmptsp kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook