Pantau Kesiapan Hari Raya Idul Fitri, Kakanwil Monev Ke LPP Palangka Raya dan Lapas Khusus Narkotika Kasongan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 13 Mei 2021 11:54, Dibaca 28 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Guna memastikan kelancaran dan keamanan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah di Lapas dan Rutan, Kepala Kantor Wilayah Kemeterian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Ilham Djaya didampingi Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat Diana Soekowati dan Tim melakukan monev kesiapan Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya dan Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Kasongan dalam melaksanakan tugas menjelang hari Lebaran, Rabu (12/5/2021) malam. Kedatangan Kakanwil dan Tim disambut langsung oleh Kepala Lapas Perempuan Palangka Raya Dyah Wandansari dan Kepala Lapas Khusus Narkotika Kasongan Ahmad Hardi dan langsung melakukan patroli di setiap blok WBP untuk memastikan keamanan dan pengamanan. 

Dalam arahannya Kakanwil menyampaikan untuk memastikan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban saat libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, baik dalam pelaksanaan Salat Ied bagi WBP dan layanan kunjungan virtual sebagai pengganti kunjungan secara langsung yang tidak dapat dilakukan selama masa pandemi Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

(Baca Juga : Serius Bangun Zona Integritas, Imigrasi Palangka Raya Gelar Pelatihan Budaya Kerja & Etika Kedinasan Bagi Seluruh Pegawai)


“Setiap tahunnya libur Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momentum dimana kita harus semakin meningkatkan pelayanan dan pengawasan agar tidak terjadi gangguan Kamtib di UPT Pemasyarakatan. Dengan melakukan deteksi dini gangguan Kamtib dan memastikan dapat mengakomodir layanan bagi WBP selama momentum hari raya menjadi kewajiban bagi seluruh jajaran,” ucap Ilham.

"Pelaksanaan Salat Idul Fitri harus dilaksanakan dengan baik dan diatur sedemikian rupa agar dapat dilaksanakan secara kondusif, demikian pula dengan kesiapan perangkat video conference untuk pelaksanaan kunjungan virtual. Dari semua hal tersebut, saya juga mengimbau kepada seluruh satuan kerja pemasyarakatan untuk menyiapkan rencana cadangan semisalnya saja terjadi gangguan teknis pada perangkat ataupun perubahan cuaca secara mendadak saat pelaksanaan salat Ied," pungkas Kakanwil.

Meskipun saat ini tidak dapat dilakukan kunjungan secara langsung ke Rutan dan Lapas, namun pelayanan kunjugan virtual melalui video conference serta layanan penitipan barang bagi WBP menjadi salah satu fokus utama jelang libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H.


“Kita harus pastikan seluruh hak WBP dapat kita penuhi, kita memberikan kenyamanan bagi WBP, memastikan sarana prasarana kunjungan virtual berjalan dengan baik, juga memastikan seluruh barang titipan bagi WBP diperiksa agar tidak terdapat barang-barang yang dilarang untuk masuk kedalam RUTAN maupun LAPAS,” ungkap Ilham. 

Terakhir, yang menjadi perhatian bersama adalah meningkatkan sinergitas antara sesama Aparat Penegak Hukum dalam hal ini khususnya Kepolisian dan pihak-pihak lainnya untuk memastikan terciptanya situasi yang kondusif, aman serta terkendali baik di Rutan maupun Lapas pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1442 H. (Red-dok, Humas-Kalteng, Mei 2021)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook