Vaksinasi Ratusan Lansia dan Tenaga Pendidik

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 27 April 2021 13:45, Dibaca 46 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar vaksinasi massal Covid-19 bagi lansia dan tenaga pendidik. Vaksin berlangsung di GPU Damang Batu Jalan Pangeran Diponegoro Kuala Kurun, Selasa (27/4/2021).

Ratusan lansia, tenaga pendidik dan pengawas mengikuti vaksinasi yang dilayani tim dari Puskesmas Kurun dan Puskesmas Tampang Tumbang Anjir. Kepala Dinas Kesehatan dr. Maria Efianti mengatakan, vaksinasi massal ini adalah bagian dari vaksinasi bagi penduduk Kabupaten Gumas yang saat ini berada pada tahap kedua, karena tahap yang pertama peruntukkannya untuk tenaga kesehatan.

(Baca Juga : Polres Gunung Mas Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi)

“Sedangkan tahap kedua peruntukkannya untuk pelayan publik, lansia, pendidik dan tidak menutup kemungkinan nanti vaksinasi dilanjutkan bagi seluruh penduduk di wilayah Kabupaten Gunung Mas yang memenuhi syarat usia 19 tahun ke atas,” kata dr. Maria Efianti.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan vaksinasi massal yang telah ditargetkan hari ini untuk 600 orang sasaran yaitu 360 orang lansia dan 240 tenaga pendidik dan pengawas.

“Saya berharap mudah-mudahan target kita tercapai dengan menambah jumlah lansia dan tenaga pendidik yang divaksinasi,” katanya.


Agar sasaran lansia itu tercapai, sambungnya, bagi warga yang memenuhi persyaratan membawa 2 atau 3 orang atau lebih lansia maka kepada yang bersangkutan akan diberikan vaksinasi secara otomatis pada saat itu juga. Di Seluruh Kabupaten Gumas sudah tersedia 17 Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat memberikan vaksinasi Covid-19 dan satu RSUD Kuala Kurun di setiap Kecamatan sudah tersedia tenaga vaksinatornya.

“Saya berharap dengan vaksinasi rutin yang dilakukan itu tahapan-tahapan pencapaian targetnya sudah terpenuhi dan juga bisa dipertimbangkan vaksinasi massal,” terangnya.

Maria Efianti mengimbau kepada masyarakat baik yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan disiplin. Pdt. Ananiel Muliono (60) salah satu peserta vaksinasi lansia mengharapkan bagi yang berumur 60 tahun ke atas agar mengikuti vaksinasi secara sukarela.

Salah satu pengawas SMP pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gumas, Susi Sukarningsih berharap masyarakat Kabupaten Gumas selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

"Untuk tenaga pendidik dan pengawas yang di daerah agar dapat divaksin semua sebelum mereka boleh membuka sekolahnya dan dapat belajar seperti sedia kala,” katanya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook