Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 28 November 2019 23:26, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya laksanakan monitoring dan evaluasi Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di seluruh instansi Pemerintah Kota Palangka Raya di Ruang Rapat Bappeda, Kamis (28/11/2019).

(Baca Juga : Ini Syarat Untuk Pembuatan Surat Jalan Bebas Covid-19)

Hak memperoleh informasi merupakan hak setiap warga negara yang diatur dalam Undang-undang tentang Keterbukaan Infomasi Publik (KIP).

Kepala Dinas Kominfo Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban menyampaikan dalam sambutannya setiap instansi di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya wajib menyusun daftar informasi publik yang ada dibawah penguasaannya dan melakukan pemuktahiran data di aplikasi pengelolaan informasi setiap instansi.

Untuk setiap badan publik wajib memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu yang bertanggung jawab dalam penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi publik”. Aratuni menyampaikan.

Aratuni melanjutkan sejauh ini Kominfo Kota Palangka Raya selaku PPID utama berupaya melakukan asistensi atau pendampingan ke instansi untuk menginventarisir kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pengelolaan informasi publik.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Martiana Winarsih saat diwawancarai awak media mengatakan melalui monitoring dan evaluasi yang mengundang PPID Pembantu untuk meningkatkan kualitas keterbukaan informasi.

Terutama dalam mewujudkan pemerintahan yang good dan clean government keterbukaan informasi di era digital, masyarakat dapat mengetahui informasi dari badan publik Pemerintah Kota Palangka Raya dan dapat menyampaikan aspirasi sesuai yang diamanatkan Undang -Undang Nomor 14 tahun 2008”, jelas Martiana.

Lebih lanjut Martiana mengharapkan untuk semua PPID Pembantu menyusun dan melengkapi Daftar Informasi Publik beserta dokumen pendukung untuk mengunggah ke laman (website) PPID kota Palangka Raya.( MC. Isen Mulang)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook